Tampilan Desktop

Tak Kunjung Bayar Utang, Rumah Seorang Warga di Rusak
33 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Satu unit rumah milik salah seorang warga bernama Darsin (32), yang berlokasi dilorong Simbo, Kecamatan Baruga Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) rusak parah. Setelah diserang oleh beberapa oknum pria yang tidak dikenal, Minggu (17/7/2016) lalu.

Tak Kunjung Bayar Utang, Rumah Seorang Warga di Rusak

Ilustrasi

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 12.00 wita. Tiba -tiba datang sekelompok orang yang diperkirakan berjumlah delapan orang, yang kemudian melakukan pengrusakan pada rumah milik Darsin yang baru setahun di dirikan.

Kapolsek Baruga, AKP I Ketut Arya Wijanarka mengatakan, insiden pengrusakan tersebut ditenggarai persoalan utang piutang tanah, terhadap pemilik tanah yang dibeli oleh Darsin pada 2015 lalu. Karena merasa kesal atas utang Darsin, yang hingga saat ini belum dibayarkan. Sehingga diduga rumah tersebut menjadi sasaran perusakan.

“Awalnya, Darsin membeli sebidang tanah terhadap pemilik lahan tersebut yang dicicil dengan harga Rp 5 juta. Tapi karena Darsin belum melanjutkan cicilan tersebut dan kerap ditemui, namun tidak kunjung berhasil. Sehingga pemilik lahan yang saat ini berdiri rumah milik Darsin, terpaksa dirusak oleh beberapa orang yang diduga suruhan,”tuturnya, Rabu (20/7/2016).

Akibat kejadian itu, lanjut Kapolsek, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan terhadap beberapa orang saksi yang melihat  kejadian pada saat itu. Sementara itu, para pelaku pengrusakan saat ini tengah dalam proses pemanggilan.

“Berdasarkan ketentuan hukum, pelaku yang melakukan pengrusakan terhadap fasilitas milik orang lain, dikenakan pasal 460 dengan ancaman pidana 20 tahun penjara,”tegasnya.

Darsin menuturkan, dirinya menempati rumah tersebut bersama dua orang anaknya, yang masih sekolah. Sedangkan Istrinya sudah lama pisah karena cerai.

“Pada saat kejadian saya sedang tidak berada dirumah, pada saat itu juga rumah dalam keadaaan kosong. Kata tetangga disekitar rumah, pelaku berjumlah delapan orang itu mencari saya dan merusak rumah serta mengambil sebuah parang yang saya simpan didalam rumah,” ujarnya. (B)

 

Reporter : Randi Ardiansyah
Editor      : Tahir Ose

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com