Tampilan Desktop



Tak Tuntas, Masalah DPT Ganda Pilwali Dibahas Bersama Paslon
124 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – KPU Kota Kendari telah selesai melakukan verifikasi faktual terhadap daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan walikota (Pilwali) Kendari 2017. Hal itu sesuai rekomendasi Panwaslih Kendari yang menemukan seribu lebih pemilih ganda dalam DPT.

Ketua KPU Kota Kendari Hayani Imbu

Hayani Imbu

Ketua KPU Kendari Hayani Imbu mengatakan hasil verifikasi faktual itu telah dibahas bersama tim pasangan calon (paslon) walikota. Pemilih ganda yang telah teridentifikasi diberi penanda khusus agar pada saat pembagian C6 (undangan memilih) tidak didistribusikan.

“Kemarin (Sabtu) tidak selesai pembahasannya soal itu (DPT ganda), akhirnya kita sampaikan ke paslon data ini kita rekap dulu baru kemudian kita sampaikan ke tim IT-nya mereka,” kata Teo sapaan akrab Hayani di Kendari, Minggu (8/1/2016) malam.

Namun Teo enggan menyebutkan berapa total temuan DPT ganda yang sudah difaktualkan tersebut. Dia beralasan akan disampaikan setelah selesai perekapan.

Selain kegandaan dalam DPT, KPU Kendari tidak menemukan masalah lain. Teo mengaku memang ada pemilih yang sudah meninggal dunia terdaftar dalam DPT namun itu hal alamiah yang terjadi di luar perkiraan pada proses DPT yang berjumlah 179.414.

Sebelumnya, masalah pemilih ganda dalam DPT mendapat sorotan dari pasangan calon walikota Muhammad Zayat Kaimoeddin-Suri Syahriah Mahmud (Derik-Syahriah).Tim Pemenangan Muhammad Yahya mengatakan idealnya DPT yang diplenokan 6 Desember 2016 harusnya sudah bersih dari masalah, kalaupuan ada pemilih ganda mestinya hanya bermain di angka puluhan atau ratusan.

“Intinya ada kelalaian penyelenggara dalam hal ini menyangkut tentang penetapan DPT. Itu angka pemilih ganda temuan kami yang hampir 3 ribu kan tidak rasional,” kata Yahya. (B)

 

Reporter : Muhamad Taslim Dalma
Editor : Jumriati

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com