Tampilan Desktop


Tangis Haru Mewarnai Pelepasan AKBP Barito
333 Dibaca

ZONASULTRA.COM, UNAAHA– Suasana haru dan tangis mengiringi acara pelepasan Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Dr Barito Mulyo Ratmono, S.Ik.,SH.M.Si, mantan kepala kepolisian Resort (Kapolres) Konawe, setelah dirinya digantikan oleh AKBP Jemi Junaedi S.Ik di markas polres Konawe. Tangis pecah saat dentingan piano, tiupan terompet, serta puisi indah yang dibacakan oleh salah satu Polisi Wanita (Polwan) dengan pangkat brigadir mulai dilantunkan. Terik panas matahari tak dihiraukan oleh para anggota polisi. Mereka berdiri di halaman kantor polres Konawe, untuk bersalaman dengan mantan pimpinannya.

Tak ada kata yang keluar dari mulut mereka, seakan ungkapan perpisahan itu diwakilkan dengan linangan air mata yang jatuh di pipi sembari mendengarkan puisi yang begitu menyayat hati serta alunan musik pengiring dengan gendre melankolis.

“Tidak terasa, sudah dua tahun kita bersama di Polres Konawe tercinta ini, begitu banyak pelajaran dan nasehat yang bapak dan ibu berikan kepada kami, bekerja dan berkarya dibawah kepemimpinan bapak. Menjadikan kami lebih baik dan bermanfaat untuk diri sendiri, organisasi, dan masyarakat. Itulah bait pertama dari puisi indah yang mengiringi langkah kaki AKBP Dr Barito Mulyo Ratmono bersama istrinya yang ditemani Kapolres yang baru AKBP Jemi Junaedi, Wakapolres Konawe Kompol Lery Tutu, serta seluruh perwira polisi lainnya.

Mata Barito pun terlihat berkaca-kaca, seakan air matanya ingin keluar namun tertahan oleh senyum khasnya.
“Ia memang bukan hanya Kepala kepolisian ataupun pimpinan bagi prajurit polisi, yang senantiasa bertugas memberikan rasa aman bagi masyarakat Kabupaten Konawe dan Konawe Utara (Konut), melainkan sosok guru dan orang tua bagi semua bawahannya” seperti coretan tinta hitam di bait kedua puisi yang dibacakan itu.

“senantiasa mengingatkan kami untuk selalu iman dan taqwa kepada tuhan yang maha esa, selalu mengajari kami untuk mengembangkan diri sebagai Polri yang cerdas dan bermental kuat, selalu mengedepankan otak, otot, dan hati nurani sebagai modal dasar dalam melaksanakan tugas kepolisian, dan selalu mengingatkan kami untuk menjaga dan melindungi keharmonisan keluarga,” ungkap seorang Polwan dalam puisinya dengan suara haru.

laporan kondisi polresMasa jabatan Barito terhitung selama 2 tahun 10 hari. Selama itu pula banyak terobosan yang telah dia lakukan guna menciptakan suasana kamtibnas di wilayah hukum Polres Konawe, seperti Ekspedisi kemanusiaan peduli pendidikan dan sosial di Kecamatan Wiwirano, Kabupaten Konawe Utara (Konut). Barito juga mendirikan koprasi untuk mengamankan suasana panas antara pihak perusahaan sawit dan warga pemilik lahan di Kecamatan Langgikima, Konut dan melakukan perjalanan ke wilayah terisolir di Konawe dan Konut.

Perjalanan tersebut bukanlah perjalanan biasa, melainkan suatu strategi yang dikemas rapi dalam bentuk ekspedisi, tetapi sebenarnya perjalanan tersebut dilakukan untuk memantau secara langsung kondisi wilayah yang berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Kini AKBP Barito menduduki jabatan dan tugas baru sebagai Wakil Direktorat (Wadir) Intel dan Keamanan (Intelkam) satuan Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat.

Kapolres Konawe yang baru, AKBP Jemi Junaedi yang mengaku bahwa dirinya sebenarnya sangat berat hati untuk menggantikan posisi Barito.

“beliau memang cerdas, banyak terobosan-terobosan yang sudah dia lakukan, makanya saya juga sebenarnya berat mau gantikan posisinya, namun karena itu adalah amanah dari pimpinan maka saya harus lakukan dan berusaha melakukan yang terbaik,” kata Jemi di ruang kerja, Senin (21/9/2015).

Rangkaian pelepasan mantan kapolres Konawe ditutup dengan pantun yang menarik dari sang pembaca Puisi “Jalan Meluhu berbatu-batu, kota Unaaha sejuta kenangan, walau jauh di negeri satu, hilang dimata, dihati jangan”.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com