Tampilan Desktop

Tapping Metal Perdana Furnace 4 Antam UBPN Sultra
58 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Tapping Metal Perdana Furnace-4 Antam UBPN Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dilaksanakan pada Rabu (17/6/2015) berlangsung dengan sukses dan lancar. Kegiatan ini disaksikan langsung oleh Deputy General Manager Operation, Anas Safriatna dan Vice President Feni Plant, Khaidir Said serta para pegawai Antam UBPN Sultra.

antam

Ilustrasi

Pelaksanaan tapping metal perdana ini merupakan kelanjutan dari proses pembangunan furnace 4 yang menggantikan furnace 1, dimulai dari prehating (pemanasan awal) pada tanggal 29 Maret 2015, dilanjutkan dengan Swicth On pada tanggal 20 Mei 2015 dan selanjutnya tapping slag perdana pada tanggal 20 Mei 2015.

Menurut Vice President Feni Plant Antam UBP Nikel Sultra Khaidir Said, keberhasilan tapping metal perdana furnace 4 ini berkat kerja keras dan kerjasama yang baik antara insan Antam dan para kontraktor yang terlibat seperti PT. Wijaya Karya, PT. Wasa Mitra Engineering, PT. Indoscot dan beberapa kontraktror lainnya.

Furnace 4 ini merupakan bagian dari Proyek Perluasan Pabrik Feronikel Pomalaa (P3FP). “Momentum tapping metal perdana ini diharapkan bisa menjadi awal yang baik bagi UBPN Sultra untuk bisa berproduksi secara optimal, ke depannya furnace 4 yang berkapasitas 38 MW ini diharapkan bisa menambah volume produksi Feronikel sebesar 9,600 T.Ni/tahun, sehingga total kapasitas produksi UBPNS menjadi sekitar 27,000 T.Ni/tahun “ kata Khaidir

Deputy General Manager Operation Antam UBP Nikel Sultra Anas Safriatna mengatakan, pembanguan Furnace 4 ini merupakan 100% hasil karya insan Antam, dengan menggunakan teknologi baru yang  memiliki beberapa kelebihan dibandingkan eksisting furnace yang ada sebelumnya, yakni diantaranya kecepatan elektroda yang lebih tinggi untuk merespon fluktuasi perubahan power di dalam furnace, penggunaan automatic tapping machine, sistem pendingin copper cooler yang lebih ringkas dan lebih baik, serta sistem granulasi slag dengan menggunakan bucket elevator yang lebih aman.

“Semoga dengan tapping metal terdana ini menjadi awal yang baik bagi Antam dan UBP Nikel Sultra bisa mencapai target produksi Feronikel sebesar 20.400 TNi pada tahun 2015 ini” ujar Anas.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com