Tampilan Desktop



Target Adipura, BLHKP Tingkatkan Penanganan Sampah Di Muna
96 Dibaca

Sanuddin

 

ZONASULTRA.COM, RAHA – Badan Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan (BLHKP) Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) bekerja keras untuk meningkatkan penanganan sampah, demi meraih Adipura. Hal itu sesuai dengan visi dan misi Bupati Muna LM. Rusman Emba, untuk menargetkan Kabupaten Muna meraih Adipura.

Kegiatan itu akan dilakukan dalam Kota Raha ini, terutama yang ada di pasar Laino.

Plt BLHKP Kabupaten Muna, Sanuddin mengaku, pihaknya sudah melakukan semaksimal mungkin untuk menangani sampah-sampah yang ada di Muna, khususnya di dalam Kota Raha. Meskipun dalam penanganan sampah ini masih saja ada hambatan menyangkut sarana dan prasana pengangkutan.

“Kemarin Muna sudah meraih WTP dan sekarang kita akan menargetkan Adipura, sesuai dengan visi dan misi yang tertuang dalam visi dan misi Bupati Muna LM Rusman Emba. Kami akan bergairah dalam penanganan sampah ini dan mudah-mudahan bisa meraih adipura itu,” kata mantan Camat Watopute saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (11/9/2017).

Lanjutnya, kegiatan itu sudah ada di depan mata. Olehnya itu, ia berharap agar masyarakat Kabupaten Muna bahu membahu untuk kemudian bisa memahami tentang sampah ini.

Meski begitu, kata Sainudin, hambatan yang dihadapi yakni pola pikir masyarakat yang kurang sadar dalam penanganan sampah. Pihaknya akan melakukan segala macam cara untuk menyampaikan kepada masyarakat, walau diakuinya masih belum bisa dipahami dan belum maksimal oleh masyarakat.

“Kita sudah membuat tempat pembuangan sampah sementara (TPS) yang ada di lingkungan sekitar tapi belum juga dimanfaatkan dengan baik. Kita menyiapkan wadah misalnya karung, kantong plastik akan tetapi tidak juga dimanfaatkan,” tuturnya.

“Kalaupun ada beberapa masyarakat yang memanfaatkan itu, pola perlakuan untuk membuang sampah sampai di TPS kesadarannya itu masih sangat sedikit. Contohnya sudah disimpan di dalam wadah dan tidak di buang di TPS yang telah disediakan, akan tetapi langsung dibuang dan terkadang tidak mengenai TPS malah terhamburan,” tambahnya.

Untuk itu, pihaknya terus melakukan penanganan sampah khususnya di dalam kota Raha ini. Meski armada sampah hanya tujuh buah mobil yang mengangkut dan membuangnya di TPA di Lakoduma. (B)

 

Reporter : Kasman
Editor : Kiki

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free