Tampilan Desktop


Target Raih Lailatul Qodar dan Hatamkan Al Quran
19 Dibaca

ZONASULTRA.COM, UNAHAA – Bulan suci Ramadhan ini benar-benar dimanfaatkan oleh Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Konawe, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Dr Barito Mulyo Ratmono bersama keluarga. Kesibukannya sehari-hari sebagai petugas keamanan, tak menghalanginya untuk beribadah secara total di bulan yang penuh berkah ini. 

Barito memiliki target yang harus dicapai di bulan suci, yakni berpuasa sebulan penuh dan juga menghatamkan Al Quran serta berusaha mendapatkan malam Lailatul Qadar. Bahkan untuk hatam Al Quran ia menjadikan itu sebagai kompetisi di keluarganya.

Sementara untuk malam Lailatul Qadar, dirinya mengaku sudah menunggu dan mencari malam yang dipercaya sebagai malam seribu bulan sejak ia masih duduk di bangku kelas 5 Sekolah Dasar (SD) karena malam tersebut diyakini dapat mendatangkan seribu pahala dan berkah bagi yang berhasil menemukannya, meskipun diakuinya bahwa sampai saat ini ia masih buta tentang bagaimana bentuk dan tanda-tanda datangnya malam yang penuh rahmat itu.

Kata dia, dalam waktu 11 bulan ia hanya berhasil menghatamkan Al Quran sebanyak sekali saja, tetapi saat masuk bulan suci ia pun harus menghatamkannya, meskipun dirinya harus mencuri sedikit waktu di sela-sela melaksanakan tugas untuk sekedar melantunkan ayat-ayat Allah.

“Saya teringat guru ngaji saya dulu pernah berkata, bahwa diantara malam-malam di bulan suci Ramadhan, akan ada satu malam di mana malam tersebut amalan yang kita kerjakan lebih baik diantara seribu bulan, karena pahala yang kita lakukan akan dilipat gandakan seribu pahala, itulah yang membuat saya sejak kelas 5 SD selalu menunggu kedatangan malam itu, walaupun saya tidak tau apakah saya sudah mendapatkannya atau belum,” ujar Barito.

Barito MR adalah penganut falsafah air. Diyakininya air adalah hal yang tak dapat dihentikan jalannya, ketika dibendung maka ia akan terus mencari jalan yang akhirnya membuat tanggul itu menjadi jebol, selain itu air adalah kebutuhan paling utama untuk manusia, namun ketika air itu marah maka dia mampu menenggelamkan manusia ataupun bendah-bendah lainnya.

Dibulan yang suci ini, Barito berpesan kepada segenap masyarakat yang menjalankannya untuk senantiasa memanfaatkan bulan ini dengan sebaik-baiknya dengan meningkatkan ibadahnya, karena umur manusia tidak ada yang tahu, belum tentu bulan suci yang akan datang kita masih diberikan nikmat untuk merayakannya.

Namun sebagai Kapolres Konawe yang memiliki kewajiban untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat Kabupaten Konawe dan Konawe Utara (Konut), berpesan kepada masyarakat untuk selalu memperhatikan keamanan diri dan keluarga dari orang-orang jahat, agar di bulan ini tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com