Tampilan Desktop



TBM Fakultas Kedokteran UHO Turut Tangani Korban Banjir Kali Wanggu
443 Dibaca

TBM Fakultas Kedokteran UHO Turut Tangani Korban Banjir Kali Wanggu TBM UHO – Sejumalah Tim Bantuan Medis (TBM) Fakultas Kedokteran Universitas Halu Oleo (UHO) Jumat, (12/5/2017). (ILHAM SURAHMIN/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kepedulian Tim Bantuan Medis (TBM) Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari patut diapresiasi. Pasalnya, setiap ada kejadian bencana alam yang terjadi di Kota Kendari, seperti banjir dan tanah longsor mereka turut membantu aparat TNI/Polri, SAR dan pemerintah setempat menangani korban banjir yang terkena penyakit.

Kali ini TBM FK UHO turut membantu menangani korban banjir Kali Wanggu, Kelurahan Wawanggu, Kecamatan Baruga. Koordinator TBM FK UHO Andi Husnul mengatakan, selama dirinya tergabung di organisasi ini penyakit yang sering diderita warga korban banjir ataupun tanah longsor yakni gatal-gatal atau iritasi kulit, sakit perut dan diare.

“Untuk itu kami menyiapkan sejumlah peralatan medis yang standar seperti obat-obatan, jarum suntik dan perlengakapan kesehatan lain atau biasanya perlengkapann kotak P3K,” ungkap Andi Husnul saat ditemui di lokasi banjir Kali Wanggu, Jumat (12/5/2017) sore tadi.

Di lokasi banjir kali ini, mereka menurunkan 7 anggota dan adapula tim lain yang diturunkan di Andounohu dan Kota Lama yang memang merupakan titik rawan banjir di Kendari.

Selain obat-obatan mereka juga memiliki stok logistik yang akan diturunkan jika sudah sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Baca Juga : Antisipasi Air Makin Tinggi, Warga di Sekitar Kali Wanggu Mulai Evakuasi Barangnya

“Insya Allah kami siap menangani warga yang memiliki keluhaan disini, kami juga akan melihat kondisi apa akan tetap berjaga sampai malam atau tidak,” terangnya.

Kesiapan TBM FK UHO juga saat ini sebatas penangan awal jika ada korban banjir yang sudah mengalami ganguan penyakit yang serius akan langsung ditangani tim medis dari RSUP Bahteramas dan RS PMI Kendari yang saat ini juga sudah mendirikan posko di lokasi banjir.

Untuk diketahui, sejauh ini belum ada korban banjir yang mengeluh sakit perut, gatal-gatal ataupun diare. (B)

 

Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Jumriati

Tagged with: , ,
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free