Tampilan Desktop


Tekan Inflasi, Masyarakat Diminta Belanja Ramadan Sewajarnya
18 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kepala Bank Indonesia perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) Dian Nugraha, meminta masyarakat untuk belanja sewajarnya sesuai kebutuhan jelang Ramadan, sebagai upaya untuk menekan laju inflasi yang dipastikan akan cukup tinggi saat Ramadan nanti. 

“Masyarakat kami minta jangan panik jelang Ramadan, apalagi sampai belanja dengan sistem borong. Belanjalah seadanya sesuai dengan keperluan. Jangan terlalu berlebihan karena itu bisa memacu inflasi,” kata Dian di Kendari, Kamis (4/6/2015).
Dian mengungkapkan, BI bersama Pemerintah Provinsi Sultra juga terus berupaya untuk mengendalikan inflasi di Sultra melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID). Dengan adanya TPID ini, kata Dian, pengendalian inflasi diharapkan lebih mudah dikoordinasikan dan disinergikan,
terutama terkait dengan kelancaran produksi dan distribusi bahan makanan strategis.
“Yang bikin barang-barang naik itu karena produksinya yang tidak lancar sehingga stok berkurang ditambah distribusi yang juga tidak lancar. Dengan adanya TPID hal-hal seperti ini bisa kita antisipasi sehigga stok selalu tersedia, distribusi juga lancar,” ujarnya.
Hingga saat ini di Sultra sudah terdapat 1 TPID di tingkat provinsi dan 11 TPID di tingkat kabupaten/kota.
Pihaknya, lanjut Dian, bersama perbankan lainnya di Sultra juga akan menyiapkan pasar murah untuk mengerem agar harga komoditas pokok tetap terkendali selama Ramadan.
Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sultra Muhammad Ali mengatakan, hingga saat ini stok kebutuhan pokok masyarakat masih aman. Belum ada kenaikan harga yang berarti di sejumlah pasar. Ada beberapa komoditas yang sudah mengalami kenaikan seperti beras dan telur namun kenaikan tersebut diangggap masih wajar. (Jumriati)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com