Tampilan Desktop


Temukan Pungli, Warga Konsel Bisa Langsung Lapor ke Bupati
127 Dibaca

Temukan Pungli, Warga Konsel Bisa Langsung Lapor ke Bupati

Surunuddin Dangga

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO– Bupati Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara, Surunuddin Dangga, kini sedang berupaya membebaskan daerahnya bebas pungutan liar (pungli). Menurutnya, pungli sangat meresahkan masyarakat dan tidak baik untuk penyelenggaraan pemerintahan.

Dalam masa jabatan lima tahun kedepan, dirinya tidak mau lagi mendengar ada masyarakat yang mengeluhkan adanya pungli. Meski uang yang diambil jumlahnya kecil, namun hal itu sangat tidak baik. Karena itu ia menghimbau kepada seluruh masyarakat yang menemukan pungli dalam pelayanan, untuk segera melaporkannya langsung ke bupati.

“Mau jadi Kategori dua (K2) dipungut, apalagi kalau mau diangkat. Lucunya lagi temannya naik pangkat juga dipungut, ini namanya jeruk minum jeruk,”  kata Surunuddin disela-sela kegiatan pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Kecamatan Buke, Selasa (8/3/2016)

Diapun mengingatkan para bawahannya untuk tidak memperdagangkan jabatan dengan meminta pungutan kepada masyarakat. Padahal jabatan adalah bentuk abdi sebagai pelayan masyarakat dan bukan mencari keuntungan.

“Melegalisir saja sudah dimintai Rp.10.000. Jumlah uangnya kecil tetapi ceritanya tidak bagus. Ini langkah awal kita supaya dapat dipercaya masyarakat sebagai abdi negara,” tutupnya.

Hardin (37), salah seorang warga Konsel berharap apa yang menjadi komitmen bupati terpilih itu dapat dijalankan oleh para pimpinan SKPD dan tidak ada lagi cara baru untuk melakukan pungli.

Meski bupati telah mengintruksikan untuk tidak melakukan pungutan, kata Hardin, namun para pelaku biasanya berasal dari bawahan dan tanpa sepengetahuan para pimpinan.

 

Penulis : Irfan Mualim
Editor  : Rustam

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com