Tampilan Desktop

Terjadi Kabut Asap di Baubau, Berikut Penjelasan BMKG
118 Dibaca

ZONASULTRA.COM, BAUBAU – Dalam beberapa hari ini berkembang isu di masyarakat Kota Baubau, Sulawesi Tenggara akan adanya kiriman asap dari Kalimantan.

Badan Metereologi Dan Geofisika (BMKG) Cabang Baubau membenarkan akan adanya kabut asap di wilayah Kota Baubau namun bukan asap kiriman.

Kepala BMKG Kota Baubau Natsir yang ditemui diruang kerjanya, Rabu (21/10/2015), mengungkapkan hasil data rekaman dari BMKG dalam beberapa minggu terakhir memang terjadi ketebalan asap untuk wilayah Kota Baubau.

“Namun asap ini merupakan fenomena alam dimana sudah akan terjadi pergantian musim. Ini terjadi biasanya di akhir tahun,” ungkap Natsir.

Selain akibat fenomena alam, juga diakibatkan ulah manusia dimana di sekitar wilayah Kota Baubau banyak masyarakat yang membakar lahannya. Hal ini menjadi penyebab ketebalan asap bertambah.

Namun, asap yang berada diwilayah Baubau dan sekitarnya masih tergolong normal karena belum mengganggu kesehatan manusia. t
Termasuk jarak pandang yang saat ini sekitar 1.000 meter masih terbilang normal sehingga belum menggangu jadwal penerbangan di Bandara Betoambari, Baubau.

“Untuk itu kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak ragu karena kabut asap belum mengganggu kesehatan dan mengharapkan kepada masyarakat, untuk tidak membakar kebun diwaktu sekarang karena akan menambah ketebalan asap yang ada,” ujarnya.

Ketika awak zonasultra menanyakan ada beberapa titik api yang dideteksi BMKG untuk di Sultra, Natsir mengatakan sampai saat ini pihaknya belum mengetahui pasti karena pihaknya belum memiliki alat pendeteksi seperti yang dimiliki Kalimantan, Sumatra, Papua serta tempat lain.

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com