Tampilan Desktop



Terkait Mutasi, Lima Kepala Daerah “Bandel” Ini Ditegur Gubernur
1343 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Nur Alam menegur lima kepala daerah “bandel” yang melakukan mutasi tak sesuai prosedur. Langkah ini diambil setelah Nur Alam bertemu langsung dengan para pejabat yang dimutasi beberapa waktu lalu.

Adapun kepala daerah yang ditegur adalah Bupati Konawe Selatan (Konsel) Surunuddin Dangga, Wali Kota Kendari Asrun, Bupati Konawe Utara (Konut) Ruksamin, Pj Bupati Buton Tengah (Buteng) Ali Akbar, dan Pj Bupati Bombana Sitti Saleha.

Lukman Abunawas

Lukman Abunawas

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sultra Lukman Abunawas mengatakan bahwa teguran itu bukan sebuah hukuman, akan tetapi sebuah pembinaan bagi kepala daerah yang tidak taat akan aturan dalam hal melakukan rotasi pejabat.

“Sudah jelas dalam pemerintahan ada namanya tugas pembinaan kader birokrat ataupun pimpinan daerah sebagai tanggung jawab gubernur yang merupakan wakil presiden di daerah,” ungkap Lukman Abunawas saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (28/3/2017).

Dikatakan Lukman, poin penting dalam teguran ini adalah bagaimana seluruh pimpinan daerah mengembalikan pejabat yang lama tersebut dan kemudian jika berniat mengisi dengan pejabat baru segera dilakukan lelang jabatan.

Berita Terkait : Nur Alam Sebut “Beringas” Kepala Daerah yang Lakukan Mutasi Pasca Pilkada

Mantan Bupati Konawe dua periode itu pun menegaskan jika faktanya kepala daerah mengindahkan surat rekomendari Komisi Aparat Sipil Negara (KASN) dan teguran gubernur sebanyak dua kali maka bisa berurusan dengan hukum.

Kendati demikian, sejauh ini sejumlah kepala daerah sudah melaksanakan rekomendasi tersebut.

Sebelumnya telah diberitakan, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari yang lama telah dikembalikan ke jabatannya oleh Wali Kota Kendari setelah mendapatkan surat teguran dari Kemendagri. (B)

 

Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Jumriati

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free