Tampilan Desktop



Terkendala Data Kemensos, Bulog Sultra Belum Salurkan Raskin
60 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Sulawesi Tenggara (Sultra), hingga saat ini belum menyalurkan beras miskin (raskin) untuk masyarakat miskin di Sultra.

Kepala Divre Bulog Sultra, La Ode Amijaya Kamaludin

La Ode Amijaya Kamaludin

Kepala Divre Bulog Sultra, La Ode Amijaya Kamaludin mengatakan, keterlambatan penyaluran raskin selama tiga bulan ini karena data by name by address dari kementerian sosial belum rampung.

“Kami dijanjikan besok 24 Maret 2017, data tersebut ada. Selanjutnya menunggu surat keputusan gubernur dan kemudian bupati dan Wali Kota,” kata Amijaya di Kantor Bulog Sultra, Kamis (23/3/2017).

Kendati begitu, pihak Bulog telah menyiapkan penyaluran raskin pada minggu pertama bulan April untuk alokasi tiga bulan. Langkah selanjutnya, Bulog akan menyalurkan untuk Januari, setelah selesai maka akan dilanjutkan untuk bulan berikutnya.

Lebih lanjut Amijaya menjelaskan, saat ini stok beras yang tersedia di gudang Bulog sebanyak 12 ribu ton. Untuk penyaluran raskin, Bulog juga telah menyiapkan beras sebanyak 9 ribu ton dari awal tahun. Bersaman dengan itu, pihaknya juga akan mengenjot pengadaan untuk menggantikan beras yang akan disalurkan.

Menurutnya, beras yang akan disalurkan merupakan pengadaan dari Kolaka Utara dan Unaaha, yaitu beras Mekongga dan beras Konawe. Pengadaan beras Mekongga kurang lebih 16 ribu ton dan beras Konawe 10 ribu ton.

“Penyerapan pengadaan tahun lalu sekitar 26 ribu ton. Tapi untuk semester satu ini kami akan coba sampai 31 ribu ton, sebab pada semester dua tidak ada musim penghujan hanya mengandalkan daerah irigasi,” ujarnya.

Baca Juga : Bulog Sultra Telah Realisasi 267 RPK

Tahun 2017 ini, Bulog akan berusaha mencapai target penyerapan pengadaan mencapai sampai 31 ribu ton. Namun target ini, masih jauh dari target nasional sebesar 41 ribu ton. Untuk mencapai target penyerapan pengadaan tersebut, Bulog menambah sumber daya manusia sebagai data sharing atau membantu teman di daerah dalam melakukan penyerapan pengadaan.

Selain itu, Bulog mengharapkan dengan adanya penyaluran raskin ini tidak ada lagi penyalagunaan untuk kepentingan lainnya. Karena raskin merupakan hak masyarakat miskin. (B)

 

Reporter : Sitti Nurmalasari
Editor : Kiki

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free