Tampilan Desktop

Ternyata Pusat Gempa ada di Pulau Binongko
367 Dibaca

gempa-bumi-binongko-sultra

Gempa : Peta kekuatan gempa yang berpusat tak jauh dari Pulau Binongko, Kabupaten Wakatobi, Minggu dini hari (09/10/2016) (Foto : Istimewa)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Gempa bumi yang dirasakan warga Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, Minggu dini hari (09/10/2016) sekitar pukul 02/15 WITA, ternyata berasal tak jauh dari Pulau Binongko di Kabupaten Wakatobi. Namun warga Pulau Tomia yang berdekatan dengan Pulau Binongko mengaku tak merasakan adanya gempa tersebut.

Reza, warga Pulau Tomia yang dihubungi kabarbuton.com Minggu pagi mengaku tak merasakan adanya gempa bumi itu. Beberapa tetangganya saat ia tanyai juga mengaku tak merasakan gempa yang membuat goyang Kota Baubau itu. Dia juga mengaku kaget jika gempa berasal dari Pulau Binongko.

Tak hanya di Pulau Tomia, warga Pulau Kaledupa juga mengaku tak merasakan adanya getaran yang diakibatkan dari gempa bumi itu. Saputra yang juga dihubungi kabarbuton.com menyebut, dia dan teman-temannya sempat bergadang hingga pukul 04.00 WITA, namun tak mendapatkan adanya goyangan ataupun getaran dari gempa.

“Tidak ada, malah kita begadang sampai jam 4,” tuturnya.

(Berita Terkait : Gempa 4,8 Skala Richter Guncang Wakatobi)

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Baubau, Natsir membenarkan pusat gempa berada di Pulau Binongko. Dia menjelaskan gempa bumi yang tak dirasakan warga Pulau Tomia dan Pulau Kaledupa yang memang berdekatan dengan Pulau Binongko, jalur gempa tak melewati dua pulau itu.

“Jalurnya beda, garisnya agak lurus, jadi (Pulau) kaledupa dia terlewatkan,” tuturnya.

 

Sumber : KabarButon.com

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com