Tampilan Desktop


Tetapkan PAD Pasar, Disperindag Konsel Akan Uji Petik
63 Dibaca

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO– Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam waktu dekat akan melakukan uji petik guna menentukan besaran setoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada masing-masing pasar yang ada, yakni Pasar Ranomeeto, Tinanggea, Anggata, Mowila, Buke, Konda, Punggaluku, dan Moramo.

Tetapkan PAD Pasar, Disperindag Konsel Akan Uji Petik

Ilustrasi

Sekretaris  Disperindag Konsel, Hajar mengatakan tidak semua pasar akan dilakukan uji,  namun ada beberapa kriteria yang pihaknya akan nilai yaitu tingkat keramaian pengunjung antara penjual dan pembeli serta beberapa indikator lainnya.

Uji petik pun tersebut didasarkan oleh adanya target yang sangat besar oleh pihak dinas itu yakni untuk tahun 2016 sebesar Rp.200 juta pada seluruh pasar, baik pasar berskala menegah seperti pasar Anggata dan Konda ataupun berskala ramai pengunjung seperti Ranomeeto, Buke dan Tinanggea.

Sehingga dalam penetapan besaran, tidak ada lagi UPT Pasar yang menggeluhkan jumlah atau target yang diberikan. Sebab selama ini pihak Disperindag selalu menetapkan sepihak tanpa ada koordinasi dengan pihak pengurus pasar (UPT).

“Uji petik kita mencoba turun langsung kepasar dengan sasaran yakni retribusi baik parkiran atau retribusi los. Tim nanti turun langsung mengutip besarannya setelah itu kita hitung berapa beban tiap pasar,” jelasnya.

 

Penulis : Irfan Mualim
Editor  : Rustam

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com