Tidak Miliki Tanggal Kedaluarsa, Puluhan Makanan di Hypermart Dilarang Dipasarkan

0
Tidak Miliki Tanggal Kedaluarsa, Puluhan Makanan di Hypermart Dilarang Dipasarkan
BAHAN MAKANAN - Tidak memiliki asket (tanda tanggal kedaluarsa) puluhan makanan di Hypermart dilarang dipasarkan ke masyarakat. Puluhan makanan ini ditemukan saat Disperindag Kota Kendari melakukan inspeksi mendadak di swalayan yang ada di Lippo Plaza Kendari tersebut,Rabu (24/5/2017). (M Rasman Saputra/ZONASULTRA.COM)

Tidak Miliki Tanggal Kedaluarsa, Puluhan Makanan di Hypermart Dilarang Dipasarkan BAHAN MAKANAN – Tidak memiliki asket (tanda tanggal kedaluarsa) puluhan makanan di Hypermart dilarang dipasarkan ke masyarakat. Puluhan makanan ini ditemukan saat Disperindag Kota Kendari melakukan inspeksi mendadak di swalayan yang ada di Lippo Plaza Kendari tersebut,Rabu (24/5/2017). (M Rasman Saputra/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Lantaran tidak memiliki asket (tanda tanggal kedaluarsa) puluhan makanan di Hypermart dilarang dipasarkan ke masyarakat. Puluhan makanan ini ditemukan saat Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Kendari melakukan inspeksi mendadak di swalayan yang ada di Lippo Plaza Kendari tersebut.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kota Kendari Ida Rianti mengatakan, produk makanan yang dilarang diperjual belikan tersebut boleh kembali dipasarkan ke masyarakat setelah pihak Hypermart membenahi kemasannya dengan mencantumkan tanggal kedaluarsa.

Selain produk makanan, kata Ida Rianti, pihaknya juga menemukan produk minuman Yakult yang kemasannya juga rusak. Akibatnya, pihaknya menganjurkan kepada pengelola Hypermart untuk menarik produk yakult tersebut dari etalase pajangannya.

“Kami menganjurkan seperti ini sebab kami inginkan masyarakat aman dari makanan maupun minuman yang sudah tidak layak konsumsi.  Jadi makanan yang tidak miliki tanggal kedaluarsa dalam kemasannya kami tegaskan untuk segera dilebel dengan tanggal kedaluarsa,” jelas Ida di Hypermart Kendari, Rabu (24/5/2017).

Untuk bulan Ramdhan nanti pihaknya mengharapkan pihak Hypermart senantiasa mengawasi tanggal kedaluarsa bahan makanan dan minuman yang mereka perjualbelikan. Dengan begitu, masyarakat yang datang berbelanja tidak lagi ragu tentang kondisi bahan makanan dan minuman tersebut.

(Baca Juga : Cucu Sekda Sultra Muntah Usai Konsumsi Susu Kedaluwarsa Hypermart Kendari)

Khusus untuk barang-barang yang ada di gudang Hypermart, Ida menuturkan, sebaiknya sebelum dikeluarkan ke toko hendaknya dilakukan pengecekkan terlebih dahulu. Langkah seperti ini tentunya sangat membantu guna meminimalisir beredarnya bahan makanan kedaluarsa.

“Intinya kami dari Disperindag Kota Kendari akan mengambil tindakan tegas ke Hypermart Kendari jika masih menjual bahan makanan kedaluarsa maupun bahan makanan yang tidak mencantumkan tanggal kedaluarsanya,” tuturnya. (B)

 

Reporter : M Rasman Saputra
Editor: Jumriati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here