Tampilan Desktop

Tiga Bandara Indonesia Ini Raih Gelar Terbaik Dunia
15 Dibaca

Berdasarkan survey Airport Service Quality (ASQ) yang dilakukan oleh Airport Council International (ACI) pada periode Oktober-Desember 2014, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali dan Bandara

Berdasarkan survey Airport Service Quality (ASQ) yang dilakukan oleh Airport Council International (ACI) pada periode Oktober-Desember 2014, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali dan Bandara Juanda, Surabaya masuk dalam jajaran 10 besar pangkalan udara dengan layanan terbaik di dunia.

Kedua Bandara ini masih dalam penilaian 31 bandara berkategori jumlah penumpang 15 hingga 25 juta penumpang per tahun. Kedua Bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I tersebut berhasil mengungguli beberapa bandara di negara-negara maju seperti Bandara Kansai Osaka di Jepang, Bandara San Diego di California, Amerika Serikat, Bandaea Zurich di Swiss, Bandara Brisbane Queensland di Australia dan Bandara Manchester di Inggris.

Selain kedua Bandara tersebut, Indonesia juga menempatkan satu nama di jajaran Bandara berlayanan terbaik dengan jumlah penumpang 5 hingga 15 juta per tahun. Bandara itu adalah Bandara Sultan Ali Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan.

Bandara Sultan Ali ini menduduki peringkat ke-16 dari 79 bandara lain yang ikut serta dalam survei ASQ.

Dalam melakukan penilaian, ACI menilai layanan Bandara berdasarkan suasana Bandara, fasilitas belanja, fasilitas restoran dan tempat makan, ketersediaan bank/ATM/money changer, sarana hiburan dan rekreasi di bandara, serta keramahan dan kesigapan staf Bandara.

Untuk memastikan penilaian yang dilakukan itu valid, ASQ juga mewawancarai sekitar 550 ribu penumpang guna menilai tingkat kepuasan atas layanan.

“Berdasarkan survei tersebut, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali berada di ranking ketujuh dunia di kategori 5-15 juta penumpang per tahun, sekaligus merupakan bandara Indonesia dengan ranking dunia terbaik di kelasnya,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura I Tommy Soetomo seperti dikutip dari Dream.co.id Minggu (26/4/2015).

Menurut Tommy, perusahaan memang telah memancangkan target untuk terus meningkatkan layanan di bandara-bandara yang berada di bawah pengelolaannya.

Bahkan, visi Angkasa Pura I adalah menjadi 10 besar perusahaan pengelola bandara terbaik di Asia di tahun 2020. (***/)

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com