Tampilan Desktop


Tiga Kabupaten Ini Belum Cairkan Anggaran, Panwas Terpaksa Patungan
7 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Dari tujuh kabupaten di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang akan menggelar pemilihan kepala daerah (pilkada) Desember 2015, masih ada tiga kabupaten yang belum mencairkan anggaran Panwas. Tiga kabupaten itu yakni Muna, Wakatobi, dan Konawe Kepulauan (Konkep).

Akibat belum adanya pencairan dana tersebut, untuk menjalankan tugas-tugas panwas di tiga kabupaten itu terpaksa mengandalkan uang patungan dari masing-masing anggota panwas yang ada.
Ketua Bawaslu Sultra Hamirudin Udu menilai hal ini cukup memprihatinkan. Padahal, naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) untuk anggaran panwas dalam plkada 2015 di Sultra sudah ditandatangani. Diapun berharap pemerintah daerah (Pemda) segera mencairkan anggaran tersebut karena sangat mempengaruhi kinerja.
“Mereka sudah kesulitan tapi demi tugas negara mereka terpaksa harus patungan agar pengawasan tahapan yang mereka lakukan tetap jalan sesuai harapan kita semua. Pemda semestinya memikirkan masalah tersebut sehingga tidak memberatkan jajaran kami ditingkat bawah,” kata Hamirudin di Kantornya, Kamis (4/5/2015).
Dalam waktu dekat ini menurutnya Bawaslu Sultra akan menyampaikan laporan kepada bawaslu RI terkait pemda yang belum mencairkan anggaran panwas agar bisa dikomunikasikan dengan kementerian dalam negeri (Kemendagri). Namun khusus untuk Pemda Wakatobi dan Konnkep sudah menjanjikan pencairan dana panwas besok, Jumat (5/6/2015) (Jum,at) paling lambat sudah mencairkan anggaran panwas.
“Pemda Muna hingga saat ini belum bisa dipastikan akan segera mencairkan anggaran karena kepala dinas yang menangani masalah keuangan itu masih cuti. Untuk masalah tersebut, seharusnya bupati muna dapat mengambil kebijakan khusus,” tuturnya. (**Taslim)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com