Tampilan Desktop


Tiga Negara Asean, 155 Kerajaan Ramaikan FKN 2015
149 Dibaca

festival keraton sultra

FESTIVAL KERATON – Pembukaan Festival Keraton Nusantara (FKN) dan Masyarakat Adat Asean ke-3, yang dihelat di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) 12 November 2015 berlangsung meriah. (Muhlis/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Pembukaan Festival Keraton Nusantara (FKN) dan Masyarakat Adat Asean ke-3, yang dihelat di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) 12 November 2015 berlangsung meriah.

Gubernur Sulawesi Tenggara, Nur Alam yang didampingi ketua umum Festival Keraton Nusantara, Ida Tjokorda Ngurah Jambe Pemecutan membuka perhelatan budaya tersebut.

Ketua umum FKN, Ida Tjokorda Ngurah Jambe Pemecutan,  mengungkapkan FKN merupakan ajang silaturahmi sekaligus silang budaya dengan tujuan pelestarian nilai-nilai dan keberagaman budaya nusantara. Sekaligus ajang merajut kebinekaan.

keraton_dua“Kita bersilaturahmi dan mengenal budaya masing-masing daerah, pada giliranya dengan memahami budaya akan berpengaruh pada ketahanan bangsa ini,” jelas Ida Tjokorda yang juga memangku jabatan Raja Puri Giri Denpasar Agung ke IX .

Kegiatan budaya yang sudah ketiga kalinya digelar itu diawali dengan acara kirab budaya  dari beberapa kerajaan dan kesultanan yang ada di nusantara dan Asean seperti Manila, Filipina, dan Singapura. 155 kerajaan, kesultanan dan kedatuan yang ada di nusantara ini turut meramaikan event ini.

Rombongan kerajaan daratan Konawe membuka kirab kebudayaan,  kontingen ini menampilkan ragam busana kerajaan. Lalu disusul kesultanan Buton yang menampilkan sejumlah atraksi seperti tarian “Kangaru” tarian peperangan yang di bawakan belasan anak-anak yang membawa parang mainan. keraton dua

Ada juga pertunjukan barong dari kerajaan puri agung Denpasar, atraksi kuda lumping.  Kirab di tutup oleh kontingen  Kabupaten Kolaka Timur yang menampilkan tabuhan  musik daerah.

Masing-masing kesultanan dan kerajaan didepan panggung menampilkan atraksi yang memukau. Gemuruh tepuk tangan dan pandangan kagum mengiringi setiap kontingen kesultanan dan kerajaan yang hadir dalam event budaya ini

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com