Tim Derik-Syahriah Risau, Suket e-KTP Sudah Capai 3 Ribu Lebih

PEMILIH GANDA - Muhammad Yahya menunjukkan data pemilih ganda Kecamatan Puuwatu, di kantor KPU Kendari Kamis (10/11/2016). Dalam satu kecamatan tersebut ditemukan kurang lebih 1500 pemilih ganda. (Muhamad Taslim Dalma/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Tim pemenangan Muhammad Zayat Kaimoeddin – Suri Syahriah Mahmud (Derik-Syahriah) risau dengan tingginya jumlah surat keterangan (Suket) KTP Elektronik (e-KTP) yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kendari. Total saat ini sudah 3 ribu lebih.

"Sisir Kutu" Pemilih, Tim Derik – Syahriah Temukan 1500 lebih Pemilih Ganda di Puuwatu
Muhammad Yahya menunjukkan data pemilih ganda Kecamatan Puuwatu, di kantor KPU Kendari Kamis (10/11/2016). 

Tim Pemenangan Derik-Syahriah, Muhamammad Yahya mengatakan jumlah tersebut dikeluarkan Disdukscapil 2 bulan terakhir, sebelum dan setelah penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) 6 Desember 2016. Dalam kaitannya dengan Pilkada penerbitan Suket tersebut harusnya dibatasi.

“Hampir dipastikan Suket itu untuk wajib pilih. Kalau untuk kepentingan lain saya kira tidak ada persoalan. Tiga ribu ini sudah harus dikontrol,” kata Yahya di Kendari, Senin (26/12/2016).

iklan zonasultra

Tim Derik-Syahriah telah menyampaikan keberatan terkait penerbitan Suket e-KTP tersebut pada saat penetapan DPT oleh KPU. Kata Yahya, mestinya usai penetapan DPT tidak ada lagi Suket e-KTP untuk kepentingan wajib pilih sebab rawan mobilisasi warga luar daerah.

Saat ini Tim Derik-Syahriah terus memantau pertambahan jumlah Suket tersebut di Disdukcapil sebagai bentuk kontroling. Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) juga diminta peka terhadap kerawanan tersebut.

20 Desember 2016 lalu, data Suket e-KTP di KPU Kendari sudah mencapai 2.843. Ketua KPU Kendari Hayani Imbu mengatakan Suket bisa digunakan warga untuk memilih, sebab saat ini blanko e-KTP sedang kosong di Disdukcapil.(B)

 

Reporter: Muhamad Taslim Dalma
Editor : Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here