Tampilan Desktop

Tina Nur Alam Lantik Pengurus Dekranasda Butur
133 Dibaca

pelantikan-dekranasda-butur

DEKRANASDA BUTUR – Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Sultra Tina Nur Alam melantik Sitti Rabiah Abu Hasan sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Buton Utara (Butur) masa bakti 2016-2021 di rumah jabatan bupati Butur, Sabtu (5/11/2016) pagi. Tina juga melantik Sitti Rabiah sebagai Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Butur. (DARMAWAN/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Sulawesi Tenggara yang juga Anggota Komisi IX DPR RI Tina Nur Alam melantik Sitti Rabiah Abu Hasan sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Buton Utara (Butur) masa bakti 2016-2021 di rumah jabatan bupati Butur, Sabtu (5/11/2016) pagi. Di waktu yang sama, Tina juga melantik Sitti Rabiah sebagai Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Butur untuk lima tahun ke depan.

Usai melantik, Tina meminta pengurus Dekranasda yang terbentuk agar segera membuat program strategis dalam mendorong perkembangan usaha mikro kecil menegah (UMKM) dan para perajin lokal di Butur. Program yang dimaksud tersebut tentunya selalu memperhatikan potensi dan kondisi daerah, serta dapat bersinergi dengan program dan kegiatan dekranasda provinsi.

“Ini merupakan langkah awal yang harus diwujudkan dalam bentuk karya nyata. Meskipun itu sangat berat diwujudkan oleh pengurus, karena adanya tantangan besar terkait sumber daya manusia pengrajin masih sangat terbatas, bahan baku yang semakin mahal, pemasaran sulit dijangkau. Tapi itu bisa dilalui malalui kerjasama semua pemangku kepentingan,” katanya.

Oleh karena itu, kepada pengurus yang baru saja dilantik untuk senantiasa memberikan pembinaan kepada sentral-sentral pengrajin di setiap kecamatan. “Selain tenunan, ada anyaman, yang terdiri anyaman tikar, lidi, itu mungkin yang perlu ditingkatkan terus agar jangan sampai punah,”pinta legislator PAN ini

Menurutnya, banyak produk unggulan di daerah yang berkualitas dan layak menembus pasar ekspor, maka yang harus dilakukan adalah bergerak cepat untuk menjawab semua tantangan itu. Dan peningkatan-peningkatan produk harus terus diperbaiki dalam segi kualitas sehingga bisa bersaing di pasar.

Dikatakan, dalam setiap kesempatan seluruh pengurus dekranasda di Sultra ditekankan agar produk unggulan seperti tenun lokal daerah dikembangkan, baik dari segi motif maupun kualitasnya agar mampu bersaing dengan produk impor.

Kemudian, kerja sama Dekranasda Sultra dengan Cita Tenun Indonesia (CTI) diharapkan juga dapat dimanfaatkan oleh Butur dalam memaksimalkan kualitas perajin.

Sementara itu, Sitti Rabiah mengaku siap mengemban amanah tersebut. Dia berjanji berbagai program akan direalisasikan agar Butur bisa dikenal lebih luas melalui kerajinan serta hasil-hasil karya melalui kerajinan dapat bersaing di pasaran.

Dukungan pun diberikan oleh Bupati Butur Abu Hasan yang berjanji memberikan dukungan penuh terhadap program-program dari Dekranasda. Dukungan tersebut akan diwujudkan melalui bantuan, baik moril maupun berupa anggaran. (B)

 

Reporter : Darmawan
Editor : Jumriati

Tagged with:
JN ZonaSultra

View all contributions by JN ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com