Tampilan Desktop



Tingkatkan Ekonomi di Sektor Perikanan, DKP Konut Bangun Pabrik Costorage
98 Dibaca

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), membangun pabrik costorage atau yang biasa disebut pabrik pembekuan dan pendingin ikan yang berlokasi di Desa Muara Tinobu, Kecamatan Lasolo.

Tingkatkan Ekonomi di Sektor Perikanan, DKP Konut Bangun Pabrik Costorage

Ilustrasi

Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) DKP Konut, Tomy mengatakan, fungsi dari pendirian pabrik agar bisa mengawetkan ikan hasil tangkapan para nelayan hingga berubulan-bulan lamanya. Sehingga, tidak mudah rusak dan busuk serta tetap memiliki harga jual yang baik di pasaran.

Tak hanya itu, kata dia, dengan hadirinya pabrik tersebut juga akan menarik tenaga kerja lokal yang berasal dari wilayah itu, sehingga dapat mengurangi angka pengganguran. Adapun sumber dana pendiriannya berasal dari anggaran pendapatan belanja negara (APBN) sebesar Rp 3 miliar.

“Kami sudah datangkan juga tim tehnisinya yang ahli di bidanganya dari Surabaya untuk melihat kelayakan pabrik tersebut. Dan sudah dinyatakan layak dioperasikan untuk pabriknya sendiri itu mampu menampung 100 ton ikan,” kata Tomy di ruang kerjanya, Senin (10/7/2017).

Saat ini, pabrik itu sudah rampung tapu belum dapat dioperasikan lantaran listrik sebagai sarana penunjang dalam mengaktifkan pabrik tersebut belum masuk. Namun, pihaknya mengklaim dalam waktu dekat ini juga sudah dapat difungsikan.

“Ini kan proyek pusat di bawah pengawasan dan kerja sama DKP Konut. Jadi, kami juga dari pihak DKP Konut menunggu dari pusat untuk diserah terimakan di Pemda Konut dan segara dioperasikan,” terangnya.

Karena itu, pihaknya berharap dengan adanya pabrik tersebut dapat dimanfaatkan dan dipelihara dengan baik oleh masyarakat sekitar, sehingga secara bertahap mampu meningkatkan roda perekonomian di bidang perikanan, dan kedepannya bisa mengatasi kebutuhan hidup di masa transisi saat ini. (B)

 

Reporter : Jefri Ipnu
Editor : Kiki

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free