Tingkatkan Ekonomi Nelayan, Disperindagkop Konut Programkan Alat Pengasapan Ikan

0
ilustrasi-nelayan
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun ini menjalankan program pengasapan ikan dengan menggunakan mesin khusus yang ditempatkan di pabrik produksi industri kecil dan menengah (IKM) di Kelurahan Tinobu, Kecamatan Lasolo.

ilustrasi-nelayan
Ilustrasi

Program pengasapan ikan ini bertujuan untuk memberdayakan dan meningkatkan ekonomi masyarakat nelayan. Sedangkan dana yang digunakan bersumber dari APBD Konut senilai Rp 199 juta.

Pelaksana tugas (Plt) Kadis Perindagkop Konut Juswan mengatakan, dalam program ini pihaknya bekerjasama langsung dengan lndustri Argo Bogor (AIB), yang memproduksi alat pengasapan ikan. Jumlah alat yang diturunkan saat ini sebanyak 4 unit yang penggunaanya diperuntukkan langsung kepada masyarakat nelayan secara gratis.

“Jadi, begitu para belayan kita yang habis melaut langsung memasukkan ikannya ke pabrik IKM untuk dilakukan pengasapan agar tidak busuk, dan lancar ketika dijual. Ikan ini kalau sudah di asapi itu bisa juga langsung dimakan karena sudah melalui proses pengasapan,” kata Juswan ditemui di ruang kerjanya, Kamis (16/3/2017).

Matan Kepala BP4K Konut ini menambahkan, program yang akan dijalankan awal April tersebut terbuka untuk seluruh masyarakat Konut tanpa membayar imbalan jasa. Pihak Disperindagkop juga akan memberikan pelatihan khusus kepada para nelayan agar lebih memambah wawasan dan keaahlian di bidang perikanan.

“Pematerinya langsung dari Bogor. Kita upayakan terus masyarakat nelayan kita ini semakin maju dan berkembang, juga mempunyai ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas. Kami juga akan melengkapi segala fasilitas yang dibutuhkan untuk terus meningkatkan roda perekonomian para nelayan kita,” tutupnya. (B)

 

Reporter: Jefri Ipnu
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here