Tingkatkan Kamtibmas, Polres Bombana Buka Layanan Panic Button

99
Kapolres Bombana AKBP Andi Adnan Syafruddin
AKBP Andi Adnan Syafruddin

ZONASULTRA.COM, RUMBIA – Kepolisian Resor (Polres) Bombana, Sulawesi Tenggara meluncurkan aplikasi alarm panik (panic button) sebagai solusi meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Aplikasi tersebut disematkan dalam aplikasi Bombana Smart Regency yang diluncurkan pemerintah daerah setempat, Jumat (1/3/2019).

Kapolres Bombana AKBP Andi Adnan Syafruddin mengapresiasi hadirnya aplikasi smart city di Bombana. Pihaknya pun tak mau ketinggalan memanfaatkan aplikasi tersebut dengan membuat panic button.

Melalui aplikasi itu (smart city), kami juga menyisipkan alarm panik supaya masyarakat tidak lagi harus terburu-buru untuk mencari kantor polisi dan melapor. Masyarakat tinggal klik tombol merah, dan polisi akan siaga menuju tempat kejadian perkara (TKP),” kata Andi Adnan di Rumbia, Sabtu (2/3/2019).

Menurut mantan Kasat Reskrim Polres Jakarta Barat ini, pihaknya telah lama merencanakan pembuatan alarm itu. Namun, terkendala akses jaringan internet.

“Belum lagi daerah-daerah yang belum punya akses internet, kan sulit jadinya,” ungkapnya.

Demi menyiasati kendala tersebut, pihaknya menyisipkan dua ikon dalam aplikasi smart city itu, yakni panic button dan kegiatan polisi. Dia optimis ikon alarm ini bakal efektif melayani keluhan masyarakat.

“Misalnya, ketika ada warga yang kecopetan, perkelahian dan lainnya, masyarakat tak perlu ragu untuk menekan tombol alarm itu, secara otomatis kami akan tahu lokasinya dan secepatnya mendapatkan pertolongan,” terangnya. (b)

 


Kontributor: Muhammad Jamil
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib