Tampilan Desktop



Tingkatkan Kemampuan Kader KB, DPPKB Konut Gelar Orientasi Tribina
88 Dibaca

Tingkatkan Kemampuan Kader KB, DPPKB Konut Gelar Orientasi Tribina ORIENTASI TRIBINA– Kepala Dinas DPPKB Konut Kasim Pagala bersama Sekda Konut, Marthaya, Asisten lll Konut, La Ondjo, Kadis Perizinan Konut Alisa, Kabag Hukum Konut dan tim BKKBN Provinsi Sultra saat membuka kegiata orientasi tribina, BKB, BKR dan BKL yang dihadiri 159 orang perwakilan kelompok kader masyarakat di aula Kantor DPPKB Konut, Rabu (27/9/201). (Jefri Ipnu/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar orientasi Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR) dan Bina Keluarga Lansia (BKL) yang diistilahkan tribina di aula Kantor DPPKB Konut, Rabu (27/9/201).

Kegiatan tribina ini dalam rangka peningkatan pemantapan kemampuan kader BKB, BKR dan BKL dalam menyikapi perkembangan program kependudukan keluarga berencana (KB) sebagai tuntutan masyarakat di wilyah itu untuk menjadi lebih baik dalam menjalani pola hidup berkeluarga.

Kepala DPPKB Konut Kasim Pagala menjelaskan, orientasi tribana adalah program rutin yang dilaksanakan instansinya dengan melibatkan seluruh kader yang tersebar di 159 desa untuk memberikan penyuluhan peningkatan wawasan sehingga pengetahuan yang diterima dapat diaplikasikan dengan baik kepada masyarakat.

Kata Kasim, hasil pembekalan yang telah diperoleh oleh para kader yang terdiri dari 159 kelompok masyarakat hasil pembentukan instansinya, selanjutnya akan dilakukan pembinaan kepada masyarakat sesuai tugas fungsi yang diberikan. Tercatat hingga saat ini sebanyak 4.470 orang kader telah direkrut oleh DPPKB Konut.

“Dengan jalannya program ini secara terstruktur akan memberikan manfaat besar bagi tatanan kehidupan masyarakat, otomatis menjadi kuat dan kokoh dalam menjalankan ketahanan hidup dalam berkeluarga karena sudah memahami sistem pola keberlangsungan hidup seperti pembinaan kepada balitanya, remajanya dan lansianya,” kata Kasim.

Di tempat yang sama, Kasubdin BKKBN Perwakilan Sultra Wiwit Imbarwati menuturkan, program orientasi tribina yang dijalankan secara gamblang akan meningkatkan kemampuan dan memberikan respon positif kepada para kader KB hingga ke masyarakat.

“Untuk memantapkan kualitas kader, selain diberi pemahan materi juga dibekali sarana dan prasarana yang memadai untuk pembinaan penyuluhan di masyarakat. Kelompok kader yang dibentuk inilah yang akan menghimpun masyarakat, khususnya di Konut ini mulai dari Kkcamatan hingga ke desa-desa,” terangnya.

Kegiatan tribina ini dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Konut Marthaya didampingi Asisten lll Konut La Ondjo, Kepala Dinas Perizinan Konut Alisa, Kabag Hukum Konut dan dihadiri 159 perwakilan kader se-Kabupaten Konut. (B)

 

Reporter: Jefri Ipnu
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free