Tampilan Desktop


Tingkatkan Kinerja Panwas, Bawaslu Sultra Gelar Rakor di Butur
73 Dibaca

ZONASULTRA.COM, BURANGA– Dalam rangka meningkatkan pengawasan pada tahapan pilkada serentak di Sulawesi Tenggara (Sultra), Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) menggelar rapat koordinasi dengan seluruh Panwas tujuh Kabupaten yang menghelat pesta demokrasi 9 Desember mendatang, bertempat di salah satu hotel di Buton Utara, Senin (18/10/2015).

Ketua Bawaslu Sultra Hamiruddin Udu mengatakan, fokus pengawasan yang dilakukan ada pada tahapan kampanye, pengadaan logistik, pemuktahiran data pemilih, penghitungan suara dan beberapa tahapan lainnya. Proses tahapan itu, sudah tentu  menjadi tanggungjawab Panwas dalam bentuk pengawasan. Sehingga, semuanya berjalan sesuai dengan aturan.

“Kita harus selalu siap dalam mengawal tahapan Pilkada yang berjalan, agar kedepannya tidak menimbulkan sengketa terhadap proses yang sudah dilewati,” kata Hamiruddin.

Pihaknya menyadari, tidak menutup kemungkinan pihak-pihak tertentu menghalalkan segala cara untuk memenangi pertarungan. Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut terjadi, maka dibutuhkan persiapan yang mantang dari pihak Panwas dalam menjalankan tugas.

Dengan potensi kecurangan itu, biasanya nanti sudah ada hasil baru muncul isu pelanggaran yang dilakukan masing-masing Pasangan Calon (Paslon).

“Panwas melakukan antisipasi untuk mencegah adanya isu seperti itu. Nah, kalau semuanya diawasi dan berjalan sesuai aturan, seperti distribusi logistik sesuai aturan, maka potensi konflik pasti tidak ada,” ujarnya.

Money politik juga harus menjadi fokus utama Panwas. Langkah- langkah pencegahan harus terus berkordinasi dengan Pemda, KPU, Paslon dan aparat keamanan. Itu dilakukan untuk menghindari adanya praktek politik uang. Selain dari kekuatan Panwas dalam pengawasan politik uang, juga harus dari tim paslon sendiri.

Hamiruddin mencontohkannya, paslon didorong membentuk tim satgas pengawasan money politik. Nantinya, masing-masing tim paslon saling mengawasi.

Selain seluruh komisioner Bawaslu Sultra, komisioner Panwaslu kabupaten yang menggelar Pilkada, dalam Rakor ini ikut dihadiri juga Sekda Butur Hado Hasina, ketua KPU Butur Suhuzu, Kadiscapil Butur Asri, Kakesbangpol Butur Sirajuddin, dan tim Paslon ABR.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com