Tampilan Desktop



Tingkatkan Kompetensi, Pejabat Eselon III Konsel Ikut Diklat Kepemimpinan
84 Dibaca

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Seluruh pejabat struktural eselon III Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengikuti Diklat kepemimpinan tingkat tiga angkatan ke delapan di gedung Aula C badan pengembangan SDM Provinsi Sultra, Senin (8/5/2017).

Arsalim Arifin

Arsalim Arifin

Wakil Bupati Konsel, Arsalim Arifin mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan kompentensi kepemimpinan dan manejerial taktikal bagi para pejabat sturktural eselon tiga agar dapat memainkan peranan yang sangat penting, dan menentukan dalam membuat perencanaan dan pelaksanaan kegiatan di instansinya. Termasuk memimpin staf atau bawahanya, baik internal maupun eksternal instansinya masing-masing.

Saat ini, pemerintah diperhadapkan pada suatu fenomena di mana dinamika masyarakat meningkat begitu cepat, tetapi aparatur pemerintah terkesan lamban dalam mengantisipasi perkembangan yang terjadi.

Lanjutnya, aparat pemerintah harus mengantisipasi secara tepat dan akurat dengan melakukan langka-langka konkrit secara stimulan, baik dari segi kepegawaian, organisasi, maupun ketatalaksanaan.

“Peningkatan kualitas pada ke tiga segi ini akan mewujudkan suatu bangunan aparatur pemerintah yang tanggap dan tangguh,” kata Arsalim, dalam sambutanya pada acara pembukaan Diklatpim tingkat tiga di aulah BPSDM Sultra.

Di tempat yang sama kepala BPSDM Sultra, Samudra, juga menjelaskan hal yang sama. Ia mengatakan, dalam manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) pejabat struktural eselon tiga memiliki perananan yang sangat menentukan dalam menjabarkan visi dan misi intansi ke dalam program, serta memimpin bawahan dan seluruh stakholder strategis untuk melaksanakan program itu secara efektif dan efisien.

“Diklat kepemimpinan adalah diklat yang memberikan wawasan pengetahuan, keterampilan, pembentukan sikap dan prilaku dalam bidang kepemimpinan aparatur sehingga dapat mencapai persayaratan kompetensi dalam jenjang jabatan struktural tertentu,” ungkap Samudra.

Untuk diketahui, kegiatan pelatihan ini merupakan bentuk kerja sama antara pemda Konsel dan pengembangan sumber daya manusia Provinsi Sultra, untuk mengembangkan kualitas pimpinan para pejabat struktural eselon tiga di lingkup Kabupaten Konawe Selatan. (B)

 

Reporter : Erik Ari Prabowo
Editor : Kiki

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com