Tampilan Desktop


Tingkatkan Kualitas Perempuan, Ini yang Dilakukan Badan Pemberdayaan Perempuan Sultra
117 Dibaca

ZONASULTRA.COM,KENDARI– Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Sulawesi Tenggara (Sultra) kini memiliki tugas berat untuk menjadikan perempuan di daerah berkualitas dan mandiri.

Tingkatkan Kualitas Perempuan, Ini yang Dilakukan Badan Pemberdayaan Perempuan Sultra

Sarlina

Sebagai badan yang berfungi untuk meningkatan dan memperdayakan perempuan agar mempunyai kesetaraan gender dengan laki-laki, BPPKB Sultra terus melakukan upaya maksimal dengan melakukan pendataan terhadap perempuan untuk peningkatan kualitas ekonomi, kualitas kesehatan dan kualitas politik.

Kepala BPPKB Sultra Sarlina mengungkapkan, penigkatan kualitas perempuan di Sultra terjadi diberbagai bidang, namun untuk saat ini bidang ekonomi yang menjadi prioritas BPPKB Sultra selanjutnya kesehatan dan politik.

“Kami sudah bekerja sama dengan berbagai pihak baik itu swasta ataupun pemerintahan,” kata Sarlina saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (2/2/2016).

Saat ini pihaknya terus melakukan pendataan seperti tahun 2015 kemarin. Pihaknya telah menfasilitasi sejumlah ibu-ibu yang dulunya berjualan berkeliling di jalan, sekarang bisa memiliki usaha yang lebih maju dengan diberikannya bantuan modal usaha dan kendaraan roda dua.

Selain itu, pihaknya juga memberikan keterampilan kepada penjual ikan dan penjual sayur, agar dapat memanfaatkan jualannya ketika tidak habis terjual. Misalnya penjual ikan diberi keterampilan membuat abon, agar saat ikannya tidak terjual habis, dapat menambah nilai ekonomi ikan tersebut ketimbang ikannya dibuang.

“Saat ini terdapat dua mitra kerja sama BPPKB yakni salah satu bank swasta dan program pemerintah. Kurang lebih 1000 orang wanita di Sultra telah difasilitasi oleh BPPKB dan bank swasta,” kata Sarlina.

Untuk program pemerintah, BPPKB telah menfasilitasi kurang lebih 4 kabupaten/kota yang ada di Sultra. Empat kabupaten tersebut adalah Bombana, Konawe, Kota Kendari dan Konawe Selatan.

Untuk kedepan, pihaknya terus melakukan pendataan dan menggerakan seluruh BPPKB tiap-tiap kabupaten/kota yang ada di Sultra, agar pemberdayaan perempuan dapat terus merata. Karena ketika perempuan Sultra dapat diperdayakan dengan baik maka bangsa menjadi kuat.

“Ya, alhamdulilah saat ini perempuan di Sultra dapat dikatakan berkualitas dibanding tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

 

Penulis : Ilham Surahmin
Editor  : Rustam

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com