Tampilan Desktop



Tingkatkan Minat Siswa Belajar Fisika, HMJ Pendidikan Fisika UHO Adakan OHF 2017
218 Dibaca

Tingkatkan Minat Siswa Belajar Fisika, HMJ Pendidikan Fisika UHO Adakan OHF 2017

OHF 2017 – Suasana pembukaan OHF 2017 yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Fisika, di Auditorium Mokodompit UHO, Senin (20/2/2017). Kegiatan ini diikuti oleh 35 sekolah dari berbagai tingkatan di Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan tujuan meningkatkan minat siswa dalam mempelajari fisika. (RAMADHAN HAFID/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Dalam rangka mengembangkan minat siswa dalam mempelajari fisika, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari menggelar Open House Fisika (OHF) 2017 se-Sulawesi Tenggara (Sultra).

Ketua HMJ Pendidikan Fisika Rahmat Hidayat mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi semangat para siswa untuk ikut berkompetisi dengan tujuan mengembangkan minat siswa dalam mempelajari fisika dalam rangka mewujudkan masyarakat intelektual yang menguasai sains dan teknologi, serta dapat bermanfaat untuk bangsa dan negara.

Selain itu, kata Rahmat, dengan kegiatan ini, mereka mengajak perserta kegiatan agar berpikir kreatif, sehingga setelah mengikuti kegiatan ini para peserta bisa menjadi seorang saintis yang cerdas komprehensif.

“Dengan kegiatan ini kita ajak peserta-peserta itu berpikir kreatif, sehingga tercipta ilmuwan yang cerdas komprehensif. Artinya cerdas komprehensif tidak hanya cerdas mengetahui, tapi dia paham secara utuh dalam hal penguasaan materi,” kata Rahmat saat di temui di Auditorium Mokodompit UHO, Senin (20/2/2017).

Rahmat menambahkan, untuk kegiatan OHF 2017 ini dilaksanakan selama enam hari, 20-26 Februari. “Kegiatan ini diikuti oleh 35 sekolah dari berbagai tingkatan se-Sultra yang terdiri dari tujuh SD, 15 SMP dan 13 SMA,” ungkapnya.

Sementara untuk item kegiatan dalam OHF 2017 ini pihak panitia menyiapkan lima item kegiatan, yaitu lombat cepat tepat fisika (LCF) untuk semua tingkatan, olimpiade fisika untuk tingkat SMP dan SMA, rangking 1 untuk tingkat SD dan SMP, seminar kewirausahaan dan expo fisika.

Ketua Jurusan Pendidikan Fisika Rosliana Eso mengatakan, OHF ini merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh HMJ Pendidikan Fisika. Kegiatan ini diharapkan dapat melahirkan fisikawan-fisikawan yang tidak hanya cerdas menguasai ilmu fisika tetapi juga mampu mengimplementasikannya di dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, Dekan FKIP Jamiludin mengaku sangat mengapresiasi kegiatan tahunan yang diadakan oleh HMJ Pendidikan Fisika. Sebab dapat memberikan dampak positif untuk mahasiswa maupun para siswa yang terlibat dalam kegiatan ini. Selain itu, ia juga berharap nanti OHF dapat ditingkatkan lagi pesertanya.

“Saya berharap OHF kedepannya dapat ditingkatkan jumlah pesertanya. Kalau masalah anggaran, saya siap sediakan berapapun anggaran yang dibutuhkan,” kata Jamiludin. (B)

 

Reporter : Ramadhan Hafid
Editor : Jumriati

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free