Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPUD Bombana Rekrut Relawan Demokrasi

Ketua KPUD Bombana Aminuddin
Aminuddin

ZONASULTRA.COM, RUMBIA – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) terus meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih di daerah itu. Salah satu upaya yang dilakukan yakni merekrut relawan demokrasi.

Ketua KPUD Bombana Aminuddin mengatakan, perekrutan relawan demokrasi ini sebagai upaya peningkatan partisipasi pemilih. Kata dia, pendaftaran tersebut bersifat umum untuk seluruh masyarakat di daerah itu.

“Kami membuka pendaftaran bagi yang ingin mendaftarkan diri sebagai relawan demokrasi dengan target 55 orang. Proses pendaftaran dimulai 10 Januari 2019 dan hasilnya akan diumumkan pada 17 Januari nanti,” terang Ketua KPU Bombana di ruang kerjanya, Kamis (10/1/2019).

Aminuddin merinci, dari jumlah 55 orang tersebut, akan dibagi menjadi 10 basis, yakni basis keluarga, basis pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, pemilih penyandang disabilitas, pemilih keagamaan, pemilih berkebutuhan khusus, pemilih kaum marginal, pemilih komunitas dan basis pemilih warga internet (warganet).

“Masa kerja relawan yang terpilih nantinya akan diberi masa tugas selama tiga bulan. Mereka juga sudah disiapkan honor dan perlengkapan lainnya berupa kaos, topi, rompi, ID card dan sertifikat.

Adapun persyaratan menjadi relawan demokrasi adalah Warga Negara Indonesia; berusia minimal 17- 25 tahun bagi pemilih pemula; pendidikan SLTA/sederajat; berdomisi di wilayah Bombana. Kemudian, bukan bagian dari penyelenggara pemilu. Pendaftar pula memiliki pengalaman dalam urusan kepenyuluhan atau aktif dalam organisasi kemasyarakatan atau kemahasiswaan. (b)

 


Kontributor: Muhammad Jamil
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib