Tampilan Desktop



Tingkatkan Pelayanan Pelatihan, Disnakertrans Konut Bakal Ubah Status BLK Jadi UPTD
80 Dibaca

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Konawe Utara berencana merubah status balai latihan keterampilan (BLK) menjadi unit pelayanan tekhnis dinas (UPTD). Perubahan tersebut guna meningkatkan pelayanan pelatihan bagi masyarakat di wilayah itu.

Ilustrasi pelatihan

Ilustrasi

Kepala Disnakertrans Konut Muhardi Mustafa menuturkan, hal pertama yang akan dilakukan saat ini adalah merubah secara adminstrasi status BLK. Setelah itu fasilitas-fasilitas pendukung dalam melakukan kegiatan pelatihan juga bakal dipenuhi.

“BLK sudah ada tinggal kita meng UPTD kan, disini (Nakertrans) nantinya tinggal pelayanan administrasi saja,” ujar Muhardi Mustafa, Jumat (27/1/2017).

Jika BLK telah menjadi UPTD, lanjut mantan Kepala Dinas Pertambangan Konut itu, dalam pelatihan bagi kalangan generasi muda dan pencari kerja di daerah itu akan lebih difokuskan pada tiga sektor, yaitu pelatihan tenaga kerja pada pertambangan, perkebunan dan perikanan.

“Kan wilayah kita ada tiga sektor usaha itu yang memang memerlukan tenaga kerja yang ahli dibidangnya, jadi kita akan lebih utamakan itu,” katanya.

Untuk tim pelatih nantinya akan lebih memprioritaskan yang dimiliki Pemkab Konut, mengingat beberapa abdi negara di instansinya telah mengantongi sertifikat kepelatihan.

“Kita prioritaskan dari sini (Konut), tinggal kita lihat sertifikatnya. Namun jika kosong akan kita datangkan pelatih dari luar,” tuturnya.

Meski saat ini BLK sendiri telah difungsikan, namun Muhardi mengakui jika praktek pelatihan yang dilakukan masih sangat terbatas. Yakni baru sebatas praktek pengalasan listrik dan karbit. (B)

 

Reporter: Murtaidin
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com