Tampilan Desktop

Tingkatkan Produksi Telur, Pemkot Kendari Rancang Pembuatan Pabrik Pakan
54 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Kota Kendari berencana untuk membangun pabrik pakan ternak. Hal itu untuk menghilangkan ketergantungan stok telur ayam dari Sulawesi Selatan (Sulsel).

Zainal Arifin

Zainal Arifin

Kepala Dinas Kehutanan Pertanian dan Peternakan Kota Kendari,  Zainal Arifin mengatakan,  persoalan saat yang paling banyak dikeluhkan oleh para peternak ayam saat ini adalah ketersediaan pakan. Oleh karena itu, pihaknya berinisiatif membangun pabrik pakan ternak ayam agar keluhan para peternak bisa ditanggulangi secara maksimal.

“Saat ini para pengusaha ternak ayam pemeluk maupun ternak ayam potong masih mendatangkan pakan ternak dari Sulsel,” kata Zainal Arifin di ruang kerjanya,  Selasa (28/6/2016).

Akibatnya, kata Zainal, para peternak ayam ini terkadang kesulitan mendapatkan pakan lantaran ketergantungan suplai dari Sulsel.

Terkait persetujuan dari Walikota Kendari,  Zainal mengaku hal itu bukanlah masalah. Sebab, persoalan ini sudah mendapat persetujuan dari Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Kendari untuk dimasukkan dalam APBD 2017 mendatang.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Kota Kendari Subhan mengungkapkan,  pembangunan pabrik pakan sudah sangat tepat. Sebab salah satu penghambat pengembangan ternak ayam saat ini adalah ketersediaan pakan.

Terkait penganggaran, ujar politisi PKS ini tidak akan menjadi masalah ketika dibahas di DPRD Kota Kendari nantinya.  (B)

 

Reporter: M Rasman Saputra
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com