Tampilan Desktop


Tingkatkan Produktivitas Pertanian, 19 Gapoktan di Konsel Dapat Dana Stimulan Rp 100 Juta
97 Dibaca

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO– Melalui program pengembangan usaha agribisnis pedesaan (PUAP) oleh pemerintah pusat dalam hal peningkatan produktivitas pertanian, sebanyak 19 gabungan kelompok tani (Gapoktan) yang ada di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra), mendapatkan bantuan masing-masing sebanyak Rp100 juta.

Kepala Dinas (Kadis) Pertanian dan Peternakan Kabupaten Konsel Ari Sismanto mengatakan, program stimulan  tersebut sifatnya pinjaman dan akan dikembalikan setelah para petani itu melakukan panen.

“Program stimulan uang tunai sebesar 100 juta yang diberikan kepada gapoktan untuk mengerakkan ekonomi  yang ada di pedesaan baik itu petani pemilik lahan, petani penggarap, rumah tangga tani dan sejenisnya. Dana itu adalah dana abadi yang digulir jadi sifatnya pinjaman yang nanti akan dikembalikan saat panen,” jelas Ari kepada awak Zonasultra.com, Selasa (22/9/2015).

Dana ini telah diberikan sejak tahun 2008 hingga tahun 2015 dan hingga kini sudah tercatat sebanyak 165 gapoktan di Konsel yang telah menerima bantuan stimulan itu.
Dana sebesar Rp100 juta tersebut ditransfer langsung ke rekening masing-masing kelompok, sementara pihak dinas pertanian hanya menfasilitasi pembuatan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga.

Selain itu, ada pula penyuluh pendamping dan penyedia mitra tani yang memang telah direkrut untuk mendampingi para petani dalam pengelolaan dana tersebut.

“Jadi, dananya dikelola langsung oleh kelompok-kelompok tersebut, kami hanya menyiapkan penyuluh pendamping dan penyedia mitra tani untuk mendampingi gapoktan tersebut dalam mengelola dana PUAP,” ujarnya.

Untuk pelaporannya, masing-masing kelompok tani tersebut membuat laporan persemester dan laporan tahunan.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com