Tingkatkan SDM Pariwisata, Buton Kirim Tujuh Mahasiswa Kuliah di BTP

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buton Abdul Zainuddin Napa
Abdul Zainuddin Napa

ZONASULTRA.COM, PASARWAJO – Dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia (SDM) di bidang kepariwisataan, Pemerintah Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan penandatanganan kerjasama (MoU) dengan kampus Batam Tourism Polytechnic (BTP).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buton Abdul Zainuddin Napa
Abdul Zainuddin Napa

Untuk menindaklanjuti MoU tersebut, hari ini tujuh orang perwakilan dari tujuh kecamatan se-Kabupaten Buton dilepas oleh Plt Bupati Buton La Bakry untuk bersekolah di sana.

Ketujuhnya adalah Rifan (SMAN I Lasalimu), Candra (SMAN I Pasarwajo), Maulana Malik Ibrahim (SMAN 2 Pasarwajo), Fahtur Rahman dan Nazar Madani (MAN Swasta Lasalimu), Jihan Safira (SMKN Lasalimu Selatan) dan Yudi (SMAN I Kapontori). Tujuh siswa ini mengambil jurusan Kuliner Management dengan lama studi empat tahun.

iklan zonasultra

“Buton adalah wilayah di Indonesia timur yang pertama melakukan kerjasama (MoU) dengan BTP. Selebihnya wilayah barat,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buton Abdul Zainuddin Napa ditemui di ruang kerjanya, Kamis (12/10/2017).

“Adapun umurnya minimal 19 tahun, dan syaratnya tinggi bagi laki-laki 165 cm dan perempuan 160 cm serta pintar berbahasa Inggris,” tambah Zainuddin.

Nantinya bagi mahasiswa yang berprestasi akan langsung dipekerjakan di hotel luar negeri seperti Dubai, Maladewa dan Singapura. Karena ketiga negara tersebut memiliki kerjasama dengan BTP.

Menurut Zainuddin, biaya perkuliahan ketujuh mahasiswa akan ditanggung sepenuhnya oleh Pemda Buton hingga selesai dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). (B)

 

Reporter: Nanang Suparman
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here