Tampilan Desktop


Tito Resmi Jadi Kapolri, Badrodin Berpesan Jaga Kesolidan Internal
79 Dibaca

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan yang hadir dalam pelantikan Kapolri Tito Karnavian di Istana Negara.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan yang hadir dalam pelantikan Kapolri Tito Karnavian di Istana Negara. Rizki Arifiani/ZONASULTRA.COM

 

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Hari ini Komisaris Jenderal (Komjen) Tito Karnavian resmi mejadi Kepala Polisi (Kapolri) RI. Pelantikan dilakukan Presiden Jokowi di Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara Jakarta Pusat, Rabu siang (13/6/2016).

Tito Karnavian sebelumnya diusulkan oleh Presiden sendiri kepada Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) untuk menggantikan Kapolri Badrodin Haiti pada Kamis (23/6/2016). Komisi III DPR RI dipimpin oleh Bambang Soesatyo melakukan fit and proper test terhadap Tito Karnavian.

Tito lolos dalam fit and proper test dan berhasil mengantongi suara bulat dari 10 fraksi yang ada. Selanjutnya paripurna dilakukan pada Senin (27/6/2016).

Hari ini Tito melaksanakan pelantikan didampingi istri dan anaknya. Usai pelantikan Tito mendapat pengawalan ketat oleh polisi. Tito hanya memberikan senyuman kepada para awak media yang menunggu di depan dan berlalu dengan mobilnya.

Sementara itu, Badrodin Haiti yang keluar setelah Tito memberikan ucapan selamat atas pelantikan Kapolri baru. Ia berpesan agar Tito menjaga kesolidan internal Polri.

“Bagaimanpun juga tantangan Polri ke depan cukup berat kalau di internal tidak solid,” ujarnya.

Menurut Badrodin, solideritas dan profesionalisme anggota Polri harus ditingkatkan untuk menghadapi tantangan secara efektif.

Terkait reformasi birokrasi, lanjut Badrodin, baik dari sisi pelayanan dan penegakan hukum semuanya harus dilakukan pembinaan.

“Karena saat ini menuju ke era yang tranparasi akuntabel dan juga bebas dari KKN,” terang mantan Kapolri ini.

Melihat kondisi negara ini, Badrodin menilai semua paham bisa masuk dan satu sama lain harus memahami itu.

“Masalah-masalah intoleransi ke depan tentu semakin mengemuka. Oleh karena itu Polri harus siap untuk mencegah dan mengambil langkah-langkah perlindungan terhadap berbagai kelompok termasuk kelompok rentan, kelompok minoritas, perempuan dan anak,” ujar Badrodin Haiti usai menghadiri pelantikan Kapolri dengan didampingi sang isteri. (A)

 

Reporter : Rizki Arifiani
Editor : Rustam

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com