Tampilan Desktop

TKI Asal Kendari Meninggal di Taiwan
31 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kota Kendari, Sulawesi Tenggara,  bernama Rafiun dikabarkan meninggal dunia di Taiwan.

Kepala Loka Pelayanan, Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (LP3TKI) Sulawesi Tenggara La Ode Askar, mengungkapkan kabar meninggalnya TKI Indonesia baru ketahuinya pekan lalu.

Menurut Askar, Rafiun yang merupakan warga kelurahan Tobuuha meninggal akibat sakit, ketika sedang bekerja sebagai ABK kapal Taiwan pada pertengahan September 2015 lalu.

“TKI tersebut meninggal akibat sakit saat bekerja. Ia berangkat bekerja menjadi TKI di Taiwan sejak Mei lalu untuk menjadi kru kapal di salah satu perusahaan yang ada di Taiwan,” ujarnya di Kendari, Jumat (2/2010/2015).

Ia menambahkan, saat ini pihaknya terus berkordinasi dengan pihak terkait yang ada di Taiwan agar jenazah korban dapat segera dipulangkan.

“Kita berupaya untuk memulangkan jenazahnya, kita tengah mengurus asuransinya. Ia berhak mendapatkan asuransi sebab berangkat menjadi tenaga kerja luar negeri melalui jalur prosedural,” kata Askar.

Saat ini konsulat dagang Indonesia yang ada di Taiwan tengah berupaya untuk mengurus proses pemulangan jenazak TKI tersebut.

Menurutnya, keluarga dari TKI tersebut berharap agar jenazah Rafiun dapat segera dipulangkan untuk dimakamkan di kampung halamannya.

“Menurut laporan yang kami terima, dia awalnya mengeluh kurang enak badan dan meminta izin kepada atasannya untuk beristirahat. Sehari setelahnya beberapa orang temannya pergi menjenguknya namun mendapatkan Rafiun sudah meninggal dunia,” ujarnya.

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com