Tampilan Desktop

TNI-Polri Harus Netral di Pilkada Mendatang
58 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar apel gelar pasukan operasi mantap praja 2016, dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017  Walikota dan Wakil Walikota di wilayah hukum Polres Kendari. Apel gelar pasukan yang di pimpin langsung oleh Kapolda Sultra Brgijen Pol Agung Sabar Santoso di ikuti oleh 1000 personil yang terdiri dari, personil Polisi, TNI, dan Pol PP.

Brigjend Pol Agung Sabar Santoso

Brigjend Pol Agung Sabar Santoso

Kapolda Sultra, Brigjen Pol Agung Sabar Santoso mengatakan, pada pilkada serentak 2017 mendatang,  Polda Sultra akan menurunkan dua pertiga personil dari total enam ribu lima ratus empat puluh anggotanya.

“Jadi dua pertiganya stand by untuk pilkada, nah kita cuma ada enam wilayah pilkada untuk pilkada ini dan salah satunya ini ada di Kota Kendari. Kita apel kesiapan untuk pengamanan, tadi kita lihat bagaimana ada gangguan unjuk rasa, mulai dari yang damai kemudian berubah jadi anarkis,” tuturnya, Kamis (27/10/2016).

Dengan adanya kegiatan itu, lanjut Kapolda, menunjukkan bahwa Polri, TNI bersama aparat pemerintah siap untuk mengamankan pilkada menghadapi segala kemungkinan. Iya pun menekankan kepada seluruh anggotanya agar tetap profesional, humanis, tegas serta netral pada saat melakukan pengamanan pilkada.

“Tidak boleh memihak kepada siapapun, dan kalau ada yang di temukan jelas kita proses itu. Sudah ada aturannya, proses tindakan di siplin, kode etik dan kalau parah skali bisa sampai di pecat. Money politik kita akan proses, karena ini adalah cikal bakal korupsi, kalau money politik kita tidak tindak, nanti setelah jadi pemimpin dia akan minta kembali uangnya. Ya bisa jadi korupsi atau pungli, sekarang ada gerakan anti pungli,” tutupnya.

Dirinya pun menghimbau kepada masyarakat, untuk bisa menggunakan hak pilihnya dengan benar, jujur, adil sesuai dengan hati nurani serta tidak terprofokasi, terpengaruh oleh ajakan-ajakan yang negatif. Bersama Polri, TNI maupun Pemerintahan lainnya, masyarakat di ajak untuk mensukseskan pilkada dengan tidak berbuat yang sifatnya bisa menggagalkan proses pilkada apalagi Kamtibmas.

Komandan Korem 143 Halu Oleo, Kolonel Inf Immanuel Ginting mengungkapkan, jika pihaknya senantiasa siap melaksankan apa yang di instruksikan oleh Kapolda Sultra dalam proses pengamanan pilkada.

“Jadi kalau di gerakkan oleh beliau kami bergerak, dan kalau pun tidak di gerakkan kami siap stand by on could di tempat masing masing. Kalau netralitas itu adalah hal yang utama, profesional dan humanis, TNI juga melakukan hal yang sama,” ungkapnya.

Untuk personil TNI sendiri, pihaknya akan menyiapkan sesuai permintaan dari pihak Kepolisian. (B)

 

Reporter: Randi Ardiansyah
Editor  :  Tahir Ose

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com