Tampilan Desktop


Tony Herbiansyah : Saatnya Memikirkan Pembangunan di Koltim
209 Dibaca

Tony Herbiansyah : Saatnya Memikirkan Pembangunan di Koltim

Tony Herbiansyah – Andi Merya Nur

 

ZONASULTRA.COM– Bupati Kolaka Timur (Koltim), Tony Herbiansyah meminta kepada seluruh elemen masyarakat untuk meninggalkan segala bentuk perbedaan yang ada saat penyelenggaraan pesta demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Koltim, Sulawesi Tenggara (Sultra) 9 Desember lalu, kini saatnya untuk bersama-sama memikirkan Kemajuan daerah ini agar lebih maju dalam segala aspek.

Pemerataan pembangunan dibeberapa sektor bakal digenjot demi mengumpulkan pundi-pundi rupiah untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang nantinya bakal digunakan sebagai penopang dalam pelaksanaan pembangunan yang berkelanjutan.

Tony Herbiansyah mengaku jika daerah yang kini dipimpinnya memiliki banyak sumber daya alam (SDA) yang bisa menjadi sumber PAD. Selain itu, daerah yang baru menginjak usia tiga tahun ini juga memiliki ribuan hektar lahan tidur yang belum terolah dan bisa mendatangkan investor untuk menanamkan saham mereka.

 

Tony Herbiansyah : Saatnya Memikirkan Pembangunan di Koltim

Bupati bersama Wakil Bupati Kolaka Timur, Tony Herbiansyah-Andi Merya memberikan sambutan pada acara syukuran yang berlangsung, Senin malam (29/2/2016). JASPIN/ZONASULTRA.COM

 

Kata dia, saat ini pihaknya masih mengandalkan potensi lahan pertanian dan perkebunan sebagai sumber pendapatan daerah, sehingga Pemerintah Daerah (Pemda) Koltim saat ini tengah melakukan komunikasi intens kepada pemerintah pusat dan provinsi terkait pengoptimalisasian lahan yang ada.

“Sumber PAD kita saat ini memang masih mengandalkan potensi pertanian dan perkebunan, dan tahun ini kita sudah kebagian bantuan dari pemerintah pusat untuk perluasan lahan sawah seluas 3.000 hektar yang kemudian kita bagi dibeberapa kecamatan, sebagai percetakan sawah yang baru,” kata bupati yang baru saja menjabat itu.

Untuk pemanfaatan potensi lahan yang ada, Tony mengaku sudah berhasil mendatangkan satu perusahaan yang bergerak dibidang pengelolaan minyak kelapa sawit yang kini sudah mulai melakukan pembibitan di Kecamatan Tinondo dengan luasan lahan yang diberikan sebanyak 19.575 hektar dengan nilai investasi awal sebesar Rp.1,5 miliar.

Selain mendatangkan tambahan pendapatan daerah, keberadaan perusahaan kelapa sawit itu diyakini bakal membantu usaha pemerintah daerah dalam mengurangi angka pengangguran di Kolaka Timur, bahkan hal itu juga dijadikan sarana pencegahan bagi masyarakat Koltim untuk keluar daerah mencari pekerjaan (merantau) ataupun menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dibeberapa Negara.

“Kalau di daerah kita sudah terbuka lapangan pekerjaan, maka secara otomatis masyarakat Kolaka Timur sudah tidak akan ada yang keluar daerah untuk mencari pekerjaan lagi,” imbuhnya.

Musrembang Sebagai Wadah Penampungan Aspirasi Masyarakat

Minggu pertama memimpin Kolaka Timur, jadwal Tony Herbiansyah dipadati dengan rangkaian kegiatan Musyawarah Rancangan Pembangunan (Musrembang) dibeberapa kecamatan, dengan maksud untuk mendengar secara langsung apa yang menjadi kebutuhan prioritas masyarakat.

Tony Herbiansyah : Saatnya Memikirkan Pembangunan di Koltim

Artis ibukota menghibur masyarakat Koltim

Tony mengaku tidak semua aspirasi dan keinginan yang disampaikan masyarakat dalam Musrembang itu akan segerah direalisasikan, tetapi hanya ada beberapa aspirasi saja yang bersifat prioritas dan paling mendesak yang akan diwujudkan seperti infrastruktur jalan dan jembatan.

“Sebab sebanyak apapun hasil pertanian dan perkebunan yang ada di daerah itu akan percuma jika akses jalan dan jembatannya tidak bagus, yang mengakibatkan sistem pemasaran di daerah itu jadi terhambat,” ujar Tony Herbiansyah.

Untuk drainase dan deuker, lanjut Tony, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Kepala Desa (Kades) untuk mengalokasikan perbaikan dan pembuatan itu melalui program Anggaran Dana Desa (ADD) mengingat Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kolaka Timur (Koltim) masih minim.

Terima Kasih Untuk Masyarakat Koltim

Sebagai wujud ungkapan terimakasih kepada masyarakat Kolaka Timur, Tony Herbiansyah rela merogok kocek dalam-dalam untuk mendatangkan group band ternama untuk menghibur masyarakat yang dikemas dalam kegiatan Syukuran Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Timur.

Tony Herbiansyah : Saatnya Memikirkan Pembangunan di Koltim

Bupati dan Wakil Kolaka Timur, Tony Herbiansyah-Andi Merya bersama ibu bupati dan melakukan foto bersama.

Meski hujan deras sempat menguyur Kolaka Timur saat awal kegiatan, antusias masyarakat menghadiri pesta rakyat itu tetap tinggi, hal itu terlihat dengan banyaknya masyarakat yang memadati lapangan sepak bola Latamoro di Kelurahan Rate-Rate, Kecamatan Tirawuta.

Dalam sambutannya, Tony mengapresiasi antusias masyarakat untuk menghadiri peryaan syukuran atas dilantiknya ia dan Andi Merya Nur sebagai Bupati dan Wakil Bupati Koltim selama lima tahun mendatang.

“Setelah melewati seluruh rangkaian pesta demokrasi yang begitu panjang dan melelahkan, dan malam ini adalah malam puncak untuk merayakan kemenangan masyarakat Koltim, dengan mendengarkan grup band yang kita datangkan,” kata Tony Herbiansyah dalam sambutannya.

Pesta demokrasi sudah berlalu, Tony berharap agar seluruh masyarakat Koltim dapat bekerja bersama pemerintah daerah (Pemda) dalam mengsukseskan pembangunan demi Kolaka Timur yang maju dan sejahtera.

“Kini saatnya kita berpikir bersama untuk mebangun Koltim kearah yang lebih baik, dan dapat menjadikan Koltim sebagai daerah agrobisnis sebagaimana visi dan misi Pemerintah,” ujarnya.

Kegiatan pesta rakyat syukuran atas pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Koltim ini turut dihadiri Danrem 143 Halu Oleo, Kolonel Czi Rido Hermawan, Bupati Konawe, Kery Syaiful Konggoasa, Wakil Bupati Konawe Parinringi, serta tokoh-tokoh masyarakat Koltim. (Advertorial)

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com