Tampilan Desktop



Tour de Flores Sukses, Thomas Lebas Sabet Jawara Tour de Flores 2017
34 Dibaca

Tour de Flores Sukses, Thomas Lebas Sabet Jawara Tour de Flores 2017

Salah satu etape Tour de Flores 2017 (Foto: Tim Media Tour de Flores 2017)

 

ZONASULTRA.COM, LABUAN BAJO – Di jantung pariwisata Flores atau biasa disebut Pulau Bunga, Labuan Bajo, Thomas Lebas berhasil tampil sebagai juara umum Tour de Flores (TdF) 2017.

Sepanjang rute dari Ruteng hingga Labuan Bajo yang dihiasi pemandangan bukit, persawahan dan latar belakang laut Flores yang eksotik pebalap sepeda Prancis dari Kinan Cycling Team (Jepang) tersebut membukukan waktu 19 jam, 38 menit, 21 detik dari semua etape TdF 2017.

Catatan waktu lebas 4 menit lebih cepat dari pebalap Iran Arvin Moazamigodarzi dari tim Iran Pishgaman Cycling Team. Di tempat ketiga klasemen umum ada pebalap 7 Eleven Cycling Team, Marcelo Felipe.

Pada etape keenam atau yang terakhir dari Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) menuju Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat ini melewati beberapa destinasi wisata alam pegunungan yang menarik, terutama area persawahan yang membentang luas di 20 km sebelum finish.

Melewati area persawahan di Manggarai berbentuk unik seperti sarang laba-laba, yang masyarakat setempat sebut “sawah lodok”, dan bentuk sawah seperti ini hanya satu-satunya ada di Manggarai.

Ini tentunya menjadi pemandangan yang menarik bagi peserta TdF, terutama kru pebalap dan rombongan media yang turut serta sepanjang jalur balap.

Akhirnya, pada etape 6 yang berjarak 120,2 kilometer, Thomas Lebas pun berhasil finish terdepan dengan catatan waktu 3 jam, 23 menit, 15 detik.

Disusul di posisi kedua, pembalap Filipina Marcelo Felipe (Filipina) serta posisi ketiga pembalap Iran dari Pishgaman Cycling Team (Iran), Arvin Moazamigodarzi dengan total waktu yang sama dengan Lebas.

Dalam lima etape sebelumnya, Lebas memang tak pernah menjadi juara etape. Meski begitu, pembalap bernomor punggung 141 tersebut konsisten menjaga jarak dari juara setiap etape.

(Baca Juga : Melintasi Keindahan Gunung Poco Ndeki, Etape 4 TdF 2017 Dijuarai Edgar Nohales Nieto)

Sementara itu, pembalap Indonesia dari KFC Cycling Team, Muhammad Imam Arifin berhak menyandang pembalap Indonesia terbaik atau pemegang white jersey. Namun, Imam Arifin harus merelakan blue jersey atau gelar pembalap Asia Tenggara terbaik kepada Marcelo. Sebab, pada etape terakhir, Imam Arifin hanya finis di peringkat delapan.

Gelar sprinter (green jersey) diraih pembalap Korea Selatan (Korsel) dari Geumsan Insan Cello (Korsel), Hyeongmin Choe dengan 21 poin. Sementara raja tanjakan (polkadot jersey) dipegang pembalap Spanyol, Edgar Nohales Nieto dari 7 Eleven Cycling Team (Filipina) dengan 44 poin.

Dari Kompleks Candi Prambanan Jogja, saat peluncuran Badan Otorita Borobudur (BOB), Menpar Arief Yahya mengucapkan selamat kepada para juara. Perjuangan menembus 6 etape yang berat dan dihibur suasana landscape kiri kanan yang oke, pasti rasa capai itu cepat hilang.

“Selamat! Sukses penyelenggaraan Tour de Flores, sukses promosi destinasi, dan sukses turnamen sport tourism itu,” ungkap Arief Yahya dari Jogja. Arief Yahya minta maaf tidak bisa ikut bergembira merayakan tiga sukses di atas bersama seluruh kru, penyelenggara, pembalap, official, dan para pejabat daerah yang bersama-sama support event TdF 2017 ini.

Start seremonial dari Kantor Bupati Manggarai berlangsung pukul 09.00 WITA, Rabu (19/7). Terdapat 8,7 kilometer rute seremonial yang mesti dilalui pembalap sebelum start sesungguhnya di Jalan Trans Flores depan TK/PAUD Beata Maria Cristina Brando. Sebanyak 60 pembalap memulai etape ke 6 dari Ruteng, hanya berkurang satu dari etape sebelumnya.

Lokasi finis berada di Jalan Frans Lega, persis di depan Kantor Bupati Manggarai Barat. Di garis finis, para pembalap disambut Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata (Kempar) Esthy Reko Astuti, Gubernur NTT Frans Lebu Raya, Bupati Manggarai Agustinus Ch Dula dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Manggarai.

Esthy Reko Astuti mengucapkan selamat pada para pebalap yang berhasil menjuarai Tour de Flores 2017, dan berharap para pebalap mendapat kenangan manis di Flores dan bisa menceritakan tentang Flores di publik negaranya masing-masing.

“Selain news value yang besar dihasilkan dari even ini, juga para pebalap mendapatkan experience (pengalaman) selama berada di Flores, otomatis mereka menjadi duta wisata kita, diharapkan bisa menceritakan tentang Flores di negara masing-masing,” ujar Esthy Reko Astuti saat memberikan hadiah kepada para pemenang Tour de Flores 2017 di halaman depan Kantor Bupati Manggarai Barat, Rabu (19/7).

(Baca Juga : Diiringi Keindahan Teluk Maumere, Ini Dia Jawara di Etape I TdF 2017)

Kesempatan sama, Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya berharap Tour de Flores bisa menjadi agenda yang rutin digelar tiap tahun, NTT khususnya Flores perlu even promosi besar yang sifatnya menyeluruh di daratan Flores.

“Tour de Flores ini menjadi sarana promosi yang tepat, karena bersifat menyeluruh di daratan Flores. Publik di luar banyak yang hanya tahu Labuan Bajo dan Pulau Komodo, padahal banyak destinasi wisata lain yang menarik di tiap-tiap Kabupaten di Flores,” ujar Gubernur NTT.

Tiap etape, tambah Gubernur, para jurnalis yang ikut serta sepanjang balapan bisa ikut mengeksplor lebih destinasi-destinasi wisata di tiap-tiap Kabupaten. “Sehingga destinasi-destinasi wisata di seluruh pulau Flores bisa terpromosikan secara luas di media. Saya juga berharap para pebalap tidak langsung pulang, bisa menikmati keindahan Labuan Bajo, Pulau Komodo dan sekitarnya,” ujar Gubernur Frans Lebu Raya penuh semangat.

Terpisah, Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kemenpar Vinsensius Jemadu yang hadir juga di etape finish mengatakan, bahwa event ini membawa berkah bagi masyarakat di seluruh NTT. “Salah jika ada yang mengatakan ini tidak membawa berkah, lihat saja hotel semua penuh dan sudah dibooking satu minggu yang lalu, pesawat penuh, warung-warung makan banyak dipenuhi pengunjung, ini juga akan membawa berkah ke depannya. karena promosi media di luar juga sangat kencang,” kata Vinsensius. (*)

Klasemen Akhir TdF 2017

1. (141) Thomas Lebas (Prancis), Kinan Cycling Team (Jepang) 19
2. (121) Arvin MoazamigIran),Pishgaman Cycling Team (Iran) +04:59
3. (4) Marcelo Felipe (Filipina) , 7 Eleven Cycling Team (Filipina) +08:11
4. (84) Muhammad Imam Arifin (Indonesia), KFC Cycling Team (Indonesia) +10:14
5. (145) Genki Yamamoto (Jepang), Kinan Cycling Team (Jepang) +13:01
6. (64) Daniel Whitehouse (Inggris), CCN Cycling Team (Laos) +13:14
7. (32) Nick Miller (Selandia Baru), Futuro Pro Cycling Team (Australia) +14:16
8. (2) Jesse Ewart (Australia), 7 Eleven Cycling Team (Filipina), +14:37
9. (105) Ho San Chiu (Hongkong), HKSI Pro Cycling Team (Hongkong) +16:20
10. (142) Jai Crawford (Australia), Kinan Cycling Team (Jepang) +18:04

Klasemen Akhir Pembalap Indonesia Terbaik

1. (84) Muhammad Imam Arifin (Indonesia), KFC Cycling Team (Indonesia) 19:48:35
2. (61) Hari Fitrianto, CCN Cycling Team (Laos) 19:58:53
3. (81) Jamal Hibatullah (Indonesia), KFC Cycling Team (Indonesia) 20:03:14

Klasemen Akhir Pembalap Asia Tenggara Terbaik

1. (4) Marcelo Felipe (Filipina) , 7 Eleven Cycling Team (Filipina) 19:46:32
2. (84) Muhammad Imam Arifin (Indonesia), KFC Cycling Team (Indonesia) 19:48:35
2. (61) Hari Fitrianto, CCN Cycling Team (Laos) 19:58:53

Klasemen Akhir Sprinter

1. (71) Hyeongmin Choe (Korea Selatan), Geumsan Insan Cello (Korea Selatan) 21 poin
2. (1) Edgar Nohales Nieto (Spanyol), 7 Eleven Cycling Team (Filipina) 10 poin
3. (81) Jamal Hibatullah (Indonesia), KFC Cycling Team (Indonesia) 8 poin

Klasemen Akhir King of Mountain

1. (1) Edgar Nohales Nieto (Spanyol), 7 Eleven Cycling Team (Filipina) 44 poin
2. (64) Daniel Whitehouse (Inggris), CCN Cycling Team (Laos) 33 poin
3. (121) Arvin Moazamigodarzi (Iran), Pishgaman Cycling Team (Iran) 26 poin

Klasemen Akhir Tim Terbaik

1. Kinan Cycling Team (Jepang) 59:25:55
2. 7 Eleven Cycling Team (Filipina) 59:32:23
3. KFC Cycling Team (Indonesia) 59:39:14

 

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free