Tampilan Desktop


TPA Puuwatu Masih Jadi Andalan Kota Kendari Raih Adipura Kencana
149 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) optimis bisa mempertahankan penghargaan Adipura Kencana yang telah diraih sebelumnya. Berbagai pembenahan terus dilakukan untuk merealisasikan target tersebut.

“Kita berharap tentunya bisa mempertahankan adipura kencana. Memang kompetisinya sangat tinggi dan istilahnya nomor satu di Indonesia, tapi kita juga sudah berupaya maksimal untuk mempertahankannya,” tutur Walikota Kendari, Asrun saat tim Penilai Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup menyambangi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Puuwatu pada akhir April lalu.

walikota asrunDiakui Asrun, TPA Puuwatu masih menjadi andalan Kota Kendari untuk meraih Adipura Kencana. Terlebih TPA ini telah memiliki sepak terjang yang telah dikenal masyarakat luas, baik nasional maupun internasional. Pada tahun 2013 TPA Puwatu memperoleh Penghargaan Air Minum dan Penyehatan lingkungan (AMPL) tingkat Nasional. 

Saat ini TPA Puwatu menjadi TPA Terbaik di Asia Tenggara karena dengan dana yang terbatas bisa menghasilkan terobosan baru yakni pemanfaatan gas metan untuk sumber energi listrik. Berbagai prestasi ini menjadikan Kota Kendari menjadi referensi TPA terbaik di Indonesia sehingga ramai dikunjungi berbagai daerah yang hendak studi banding

AsrunJulukan sebagai TPA terbaik juga bukan tanpa alasan. Semua indikator telah dipenuhi oleh TPA ini. Baik dari segi sistem pembuangan sampah dengan cara sarilensi, pengelolaan sampah, pengelolaan gas metan, di tambah lagi dengan jembatan timbang dan beberapa penataan di TPA tersebut.
 
Adipura Rambah Semua Lini
 
Tahun 2014 lalu Kota Kendari mendapat Adipura Kencana setelah 5 kali berturut-turut mendapat piala adipura. Penghargaan ini diperoleh setelah kota Kendari berbenah dari kota terkotor tahun 2005 hingga 2006.Upaya Pemerintah kota Kendari membenahi kawasan kota dari sisi kebersihan berdampak positif terhadap kesehatan.
 
Tahun 2009 Kota Kendari melalui puskesmas Poasia mendapat penghargaan Citra Pelayanan Prima dari Presiden, selanjutnya tahun 2010 kota Kendari menjadi juara 1 Prilaku  Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat nasional dan tahun 2011 dan tahun 2013 Kota Kendari meraih predikat Kota sehat. Upaya penanganan kebersihan lingkungan juga berdampak pada menurunnya angka penderita malaria sehingga tahun 2014 lalu Kota Kendari mendapat penghargaan eliminasi malaria dari Kementerian Kesehatan.
 
BLH Rencanakan Reboisasi Lokasi Eks Tambang Galian C
 
Meminimalisir dampak kerusakan lingkungan yang ditimbulkan aktivitas pertambangan, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Kendari berencana akan melakukan reboisasi terhadap lokasi eks tambang galian C. 
rusnani blhKepala BLH Kota Kendari Rusnani mengatakan, rencana untuk melaksanakan reboisasi di lokasi tambang galian C ini sudah dicanangkannya sejak 2014 lalu. Namun, lahan pertambangan yang merupakan milik warga menjadi salah satu kendala. Untuk itu, saat ini pihaknya tengah melakukan proses pendataan terkait kepemilikan lahan milik warga. Sehingga jika proses reboisasi dilakukan, pemilik lahan akan diketahui.
 
“Konsep kami tentunya menginginkan eks tambang galian C ini dinormalisasi melalui reboisasi. Sehingga dampak lingkungannya bisa sesegera mungkin kita tangani,” jelasnya di kantor DPRD Kota Kendari, Sabtu (9/5/2015).
 
Diakuinya, aktivitas tambang galian C memang merupakan dilema bagi pemerintah. Dari segi lingkungan hidup, aktivitas ini jelas merugikan, namun kebutuhan daerah untuk tanah timbunan juga sangatlah tinggi. Sehingga mau tidak mau pihaknya tidak bisa menghalangi proses aktivitas tambang galian C dibeberapa Kelurahan di Ibukota Sulawesi Tenggara ini.
 
“Tetapi kami juga tidak akan melepas tanggung jawab begitu saja. Sebab pelestarian lingkungan menjadi fokus utama kami,” tuturnya.
 
 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com