Tampilan Desktop



Trauma Jadi Langganan Banjir, Warga Desak Pemkot Kendari Benahi Kali Kampung Salo
51 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Trauma kembali tertimpa bencana banjir, warga Kelurahan Kampung Salo, Kecamatan Kendari, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) mendesak pemerintah kota setempat agar segera memmbenahi kali yang di daerah itu.

La Ode Ashar

La Ode Ashar

Safiuddin warga Kelurahan kampung Salo mengatakan, salah satu penyebab utama terjadinya banjir di daerah itu karena kondisi kali Kampung Salo yang sudah mulai sempit. Solusinya, kali itu perlu dinormalisasi kembali.

Kata dia, pembenahan kali itu memang sudah peenah dilakukan. Tapi itu sudah lama sekali. Saat ini, lanjut Safiuddin, pemerintah mesti membenahi talud di sepanjang kali itu sebagai langkah antisipasi dini terhadap banjir.

“Kami masyarakat Kampung Salo tentunya berharap pemerintah Kota Kendari bisa menyikapi hal ini. Sebab ketika musim hujan lagi jika tidak ada perbaikan maka sudah pasti rumah kami akan kembali terendam banjir,” kata Safiuddin dalam pertemuannya dengan aparat pemerintah di kantor lurah Kampung Salo, Selasa (5/9/2017).

Sementara itu, Lurah Kampung Salo Budi Utomo mengungkapkan, untuk proses normalisasi kali itu, pihaknya sudah melakukan kordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Kota Kendari.

Hasilnya, Dinas Pekerjaan Umum Kota Kendari akan mempelajari terlebih dahulu langkah teknis apa yang akan dilakukan untuk normalisasi kali kampung salo.

Diakuinya, pembenahan kali Sampung Salo menjadi masalah yang cukup kompleks. Sebab, selain tidak ada akses masuknya alat berat ke dalam kali itu, juga banyak rumah milik warga yang terbangun di atas bantaran kali itu.

Menanggapi hal itu, anggota DPRD Kota Kendari La Ode Ashar menuturkan, persoalan normalisasi kali ini memang harus segera disikapi. Kata dia, melihat kondisi kali kampung salo saat ini, masyarakat memang pantas khawatir akan kembali terkena bencana banjir.

“Sebagai wakil rakyat yang juga tinggal di Kampung Salo, saya tentunya akan berupaya melakukan diskusi dengan Dinas Pekerjaan Umum agar ada solusi yang benar-benar ampuh mengantisipasi terjadinya bencana banjir,” ujarnya. (B)

 

Reporter : M Rasman Saputra
Editor : Abdul Saban

RS ZonaSultra

View all contributions by RS ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free