Tampilan Desktop


Tukang Ojek di Konsel Jadi Pelopor Keselamatan Berlalulintas
28 Dibaca

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Ada banyak cara yang bisa dilakukan pihak kepolisian dalam menjalin kekerabatan dengan masyarakat setempat. Seperti yang dilakukan jajaran Kepolisian Resort (Polres) Konawe Selatan (Konsel) ini. Kasat Lantas, Iptu Jumiran dan Kasat Narkoba, AKP Moch. Mukid mendatangi pangkalan ojek mitra polantas “Simpatik” yang berada di bilangan Kecamatan Laeya, Kabupaten Konsel, Sulawesi Tenggara (Sultra). 

Kedua petinggi Polres Konsel ini membagikan bingkisan kepada 26 orang tukang ojek yang ada di wilayah itu. Selain memupuk tali persaudaraan, kegiatan ini juga untuk menjalin kemitraan antara masyarakat dengan personil kepolisian.

Kasat Lantas Polres Konsel Iptu Jumiran mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk tali asih kepada para tukang ojek terkoordinir oleh Satlantas, sehingga mereka merasa diperhatikan. Selain itu, para tukang ojek ini dapat pula menjadi pelopor keselatamatan di jalan raya

“Ini dipilih sebagi mitra karena mereka selalu mobile di jalan raya. Jadi, tepat sekali ojek terkoordinir ini kita jadikan agen pelopor berlalu lintas karena bisa menjadikan contoh kepada masyarakat pentingnya keselamaan berlalulintas,” katanya usai memberikan bingkisan, Senin (13/7/2015).

Di samping itu, lanjut Jumiran, pihaknya juga memberikan bimbingan secara berkala tentang pentingnya etika berlalu lintas di jalan raya kepada para tukang ojek tersebut. Bahkan hal tersebut telah terjadwal.

“Saya selalu perintahkan penyegaran tentang etika keselamatan berlalu lintas karena ini kelompok masyarakat teroganisir. Bahkan setiap hari juga kami melakukan pemantauan, lebih dekatnya lagi kami menujuk ketua kelompok mereka yang kemudian kita jadikan perpanjangan tangan dari kami. Jadi, ketuanya bisa memberikan teguran dan pemahaman kepada anggotanya yang mungkin lalai atau menjadi tidak tertib lagi,” terangnya

Hal senada juga dikatakan Kasat Narkoba Polres Konsel, AKP Moch. Mukid. Selain menjadi biro jasa pengantar penumpang, para tukang ojek tersebut juga akan dijadikan agensi narkotika yang sewaktu-waktu dapat melapor kepada polisi jika melihat adanya pesta miras atau penggunaan narkotika.

“Jadi kalau ada yang pesta miras mereka bisa langsung melapor melalui SMS ke nomor saya dan itu akan saya rahasiakan. Selain itu menghimbau kepada keluarganya supaya tidak menggunakan narkoba atau mabuk-mabukan. Sehingga tercipta keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujarnya

Sementara itu, Ketua Kelompok Ojek “Simpatik” Konsel Asdinar mengatakan, pihaknya sangat senang dilibatkan dalam kegiatan tersebut sehingga tidak hanya menjadi pelopor keselamatan tetapi juga menjadi agensi narkotika di kabupaten ini. Pihaknya juga akan selalu menyuarakan tentang pentingnya mengunakan helm dan kelengkapan surat-surat kendaraan.

“Semoga ini akan selalu terjalin antara kami dengan pihak kepolisian, agar tercipta keharmonisan dan dapat menjadikan kami lebih tertib lagi utamanya dalam berlalulintas,” tutupnya.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com