Tampilan Desktop



Tumbuhkan Semangat Kewirausahaan, HMJ Teknik Pertambangan UHO Gelar Seminar
273 Dibaca

SEMINAR KEWIRAUSAHAAN

SEMINAR KEWIRAUSAHAAN – CEO UKM Center Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Nining Indroyono Soesilo (baju merah) saat memberikan materi pada seminar kewirausahaan, di hadapan ratusan mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) di Auditorium Mokodompit, Minggu (22/1/2017). (Ramadhan Hafid/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Pertambangan Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITK) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari menggelar seminar kewirausahaan di Auditorium Mokodompit, Minggu (22/1/2017).

Ketua HMJ Teknik Pertambangan FITK UHO Safrullah mengatakan, seminar kewirausahaan yang mengangkat tema “Mandiri dan Kreaktif Dalam Menciptakan Ide Bisnis Menuju Persaingan Global” bertujuan untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan di kalangan pemuda, khususnya mahasiswa agar ke depan mahasiswa jangan hanya berpikir setelah lulus kuliah akan mendapat pekerjaan dengan gaji besar sesuai dengan jurusannya.

“Mahasiswa itu alur hidupnya adalah kuliah, lulus tepat waktu lalu dapat kerja. Sebenarnya tidak ada yang salah dari alur tersebut, hanya saja ada satu hambatan. Hambatan itu adalah banyaknya mahasiswa yang berpikiran demikian, sementara pekerjaan yang ada terbatas. Nah itulah kita sebagai mahasiswa harus mempunyai kreaktif dan inovatif agar bisa menciptakan sebuah lapangan kerja guna mengurangi pengangguran yang ada di negeri ini,” kata Safrullah.

Sementara itu, CEO Usaha Kecil Menengah (UKM) Center Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Nining Indroyono Soesilo, sekaligus pemateri dari kegiatan ini mengatakan, masa muda adalah masa yang sangat pas untuk merangkai masa depan yang lebih baik dan sangat rugi apabila pemuda penerus bangsa melewatkannya begitu saja tanpa menghasilkan sesuatu yang berguna.

“Jadi selagi masih muda manfaatkanlah masa muda dengan semangat wirausaha. Sehingga setelah kuliah mahasiswa tidak lagi mondar mandir mencari pekerjaan, namun mampu membuat lapangan kerja dan menghidupkan banyak orang di sekitarnya,” paparnya.

Kakak kandung Sri Mulyani ini juga menambahkan, mahasiswa harus selalu optimis dalam berwirausaha. Jangan terbiasa memainkan mindset (pola pikir) ke dalam hal-hal yang membuat mahasiswa pesimis (tidak bisa).

“Seorang mahasiswa harus selalu mempunyai mindset yang kuat untuk bisa. Jika kita mengatakan saya tidak bisa, saya tidak mampu, dan disaat itu juga bersiap-siaplah menghadapi kegagalan. Ubalah kata-kata itu menjadi ya saya bisa, saya mampu, saya bisa melakukan, dan disaat itu otak akan berputar dan kita akan selalu siap menghadapi masalah,” ungkapnya.

Anggapan banyak orang bila membangun usaha pasti mengalami kesulitan, apalagi saat memulainya. Menurut Nining itu anggapan yang salah. Sebab modal yang paling penting dalam memulai usaha adalah keberanian dan sumber daya manusia, baru setelah itu keuangan.

“Sekarang itukan sudah ada Facebook, Telegram, Whatsapp. Manfaatkanlah itu untuk perluas jejaring dengan wirausahawan, ikut komunitas, miliki value lebih dari kompetitor, dan intinya adalah jangan malu atau gengsi,” tuturnya.

Wenas, salah satu peserta kegiatan mengungkapkan senang dengan kegiatan yang diadakan oleh HMJ Teknik Pertambangan FITK UHO. Dengan mengikuti kegiatan ini dirinya dapat lebih memahami tentang pentingnya berwirausaha.

“Saya mengikuti kegiatan ini karena saya orangnya tertarik dengan berwirausaha. Mudah-mudahan setelah selesai kuliah saya bisa menjadi pengusaha yang bisa menciptakan lapangan kerja bagi orang banyak agar bisa mengurangi pengangguran,” kata Wenas yang juga mahasiswa Jurusan Teknik Pertambangan UHO ini. (B)

 

Reporter : Ramadhan Hafid
Editor : Jumriati

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free