Tampilan Desktop


Tuntut Pencabutan IUP PT DBM, Ratusan Warga Duduki Rujab Bupati Konkep
33 Dibaca

ZONASULTRA.COM, LANGARA – Komitmen masyarakat Wawonii, Kabupatan Konawe Kepulauan (Konkep), Sulawesi Tenggara (Sultra), menolak kehadiran tambang kembali disuarakan oleh ratusan masyarakat yang mengatasnamakan wadah amanat Wawonii, Kamis (28/5/2015).  (Baca Juga : DPRD Konkep Dukung Pencabutan IUP PT.DBM)

Aksi unjuk rasa dengan menduduki Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Konkep itu adalah tindak lanjut dalam aksi sebelumnya dalam rangka menagih janji pemerintah daerah (pemda) serta DPRD setempat segera mencabut Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Derawan Berjaya Minning (DBM) yang saat ini tengah beroperasi di Kelurahan Polara, Kecamatan Wawonii Tenggara.
Salah satu koordinator aksi Arman mengatakan, penolakan tambang akan terus dilakukan, sebab pertambangan hanya akan membawa kemudaratan. Masyarakat Wawonii tidak pernah menginginkan hadirnya tambang yang hanya akan berdampak pada kerusakan tanah yang subur.
“Kami meminta IUP PT. DBM dan yang lainnya segera dicabut, selain itu pelaku tindak kekerasan juga agar segera ditindaklanjuti kepada pihak berwenang,” teriak Arman. 
Pada kesempatan itu juga, massa aksi juga kembali menuntut pembebasan kawan mereka (Muammar) yang saat ini tengah diamankan pihak kepolisian karena sikapnya melawan kehadiran perusahaan tambang. Pihak penegak hukum agar bertindak tegas terhadap oknum yang diduga melanggar Hak Asasi Manusia (HAM) saat  proses penangkapan Muamar itu dilakukan.
Massa aksi yang hanya ditemui Kepala Dinas Pertambangan dan Asisten II Pemda Konkep,  nampak kecewa sebab harapan menemui bupati tidak membuahkan hasil karena sedang berada di luar daerah, namun mereka tetap menduduki rujab bupati.
“Hal yang sama kami akan lakukan, ketika itu pasca pemekaran dengan menduduki kantor DPRD Provinsi Sultra kami berharap tuntutan kami segera direspon oleh bupati,”  ujar Arman. 
Pihak DPRD juga sempat menemui para demostran tersebut.  Wakil Ketua DPRD Konkep Jaswan serta anggota komisi I Amran langsung berdialog dengan massa terkait tuntutannya tersebut. (**Arjab Karim)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com