Tampilan Desktop



Uang Rupiah Desain Baru Resmi Beredar, Masyarakat Sultra Bisa Lakukan Penukaran di Bank
301 Dibaca

BI Resmi Keluarkan Uang Rupiah Pecahan Baru

Pecahan seratus ribu – pecahan lima puluh ribu

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Bank Indonesia memberikan kesempatan bagi masyarakat yang ingin memperoleh uang Rupiah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) cetakan baru, dengan melakukan penukaran di sejumlah bank yang terdapat di Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai Rabu, 21 Desember 2016 mendatang.

Humas Kantor Perwakilan (KPw) BI Sultra Dedy Prasetyo mengatakan,  untuk di Sultra pihaknya belum mengetahui jumlah secara keseluruhan uang Rupiah NKRI yang telah disalurkan oleh BI pusat. Tetapi, semua pecahan uang Rupiah NKRI tahun emisi 2016 sudah tersedia di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sultra.

“Karena jumlahnya yang terbatas, jadi kita akan bagi-bagi. Agar semua masyarakat mempunyai kesempatan memperoleh uang pecahan baru tersebut,” ujar Dedy di Kantor Perwakilan BI Sultra, Senin (19/12/2016).

Dedy mengungkapkan untuk di Sultra, pihaknya belum mengetahui jumlah secara keseluruhan uang Rupiah NKRI yang telah disalurkan oleh BI pusat. Tetapi, semua pecahan uang Rupiah NKRI tahun emisi 2016 sudah tersedia di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sultra.

Selain itu, dia menegaskan bahwa uang lama yang beredar di masyarakat masih berlaku sampai BI mencabut peredarannya. Karena dengan keluarnya uang dengan desain baru ini, bukan berarti uang rupiah lama tidak dapat digunakan saat melakukan transaksi. Dia menambahkan bahwa secara perlahan-lahan uang cetakan baru ini, akan menggantikan rupiah lama. Waktu penggantian desain uang rupiah bervariasi masing-masing pecahan.

“Seperti uang pecahan Rp 1.000 yang bergambar pahlawan Pattimura sudah lama sekali, tetapi sampai saat ini masih berlaku,” jelasnya.

BI berharap kepada masyarakat agar saat mendapatkan uang sebisa mungkin untuk dapat disayang dan disimpan. Artinya diperlakukan dengan baik agar tidak cepat lusuh dan kusut, terlebih di dalam gambar uang terdapat simbol NKRI, pahlawan nasional dan budaya Indonesia. (B)

 

Reporter : Sitti Nurmalasari
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com