Tampilan Desktop


UHO Bangun Gedung Kuliah Sembilan Lantai
272 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) akan segera memiliki gedung kuliah umum berlantai 9. Peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan tahap I gedung ini dilakukan oleh Rektor UHO, Usman Rianse bersama para pejabat lingkup kampus hijau tersebut, Selasa (10/11/2015) sore.

Kepala Biro Perencanaan dan Penganggaran UHO, Syawaluddin mengatakan, pembangunan gedung yang nantinya akan diberi nama Wali Songo itu merupakan implementasi dari perencanaan pembangunan sejumlah gedung di UHO yang telah dianggarkan sejak 2014 lalu. Gedung-gedung tersebut diantaranya Rumah Sakit Pendidikan (RSP), sejumlah gedung kuliah baru dan gedung Wallacea. Sayangnya, gedung terakhir yang disebutkan belum mendapatkan sumber dana.

“Pembangunan tahap satu gedung Wali Songo ini bersumber dari DIPA APBN-P 2015 sebesar Rp 30 milyar. Kita belum tahu pasti berapa tahap dari pembangunan gedung ini, namun akan kita sesuaikan dengan kondisi anggaran yang dimiliki oleh universitas,” kata Syawaluddin.

Sementara itu, Rektor UHO Usman Rianse yang ditemui usai peletakan batu pertama mengatakan, gedung Wali Songo tersebut akan difungsikan sebagai tempat pengembangan kuliah terintegrasi serta pelayanan akademik dan administrasi yang juga terintegrasi.

“Jadi kuliah-kuliah terintegrasi akan dipusatkan di sini. Hal ini juga akan mengurangi tingkat kebutuhan ruang kuliah di tiap-tiap fakultas. Selain itu, dengan adanya gedung ini kita bisa memberikan pelayanan akademik dan administrasi secara terintegrasi. Selama ini kan pelayanan akademik ataupun administrasi mahasiswa dilakukan secara terpisah-terpisah,” jelas Usman.

gedung baru uhoGedung ini, lanjut rektor dua periode tersebut nantinya juga akan menjadi pusat informasi geoparsial. Untuk Indonesia Timur barulah Universitas Hasanuddin yang memiliki layanan tersebut.

“Kami minta doa seluruh masyarakat Sultra agar pembangunan gedung ini benar-benar akan menjadi pusat kedamaian bagi daerah kita tercinta ini. Peace centre for Southeast Sulawesi,” harap Usman.

Gedung ini memiliki luas kurang lebih 27.630 m2 dan dibangun di atas lahan seluas 3 hektar.

Perencanaan peruntukkan gedung Wali Songo:

Lantai 1: laboratorium, pusat bisnis, mini market, cafe dan ruang terbuka.

Lantai 2:  pusat data, galeri, pelayanan mahasiswa dan sitting area.

Lantai 3: ruang administrasi

Lantai 4: ruang kuliah, ruang lembaga dan ruang UPT

Lantai 5: ruang kuliah, ruang SPI, ruang dewan guru besar, ruang dewan kode etik dan disiplin

Lantai 6: ruang dekan seluruh fakultas

Lantai 7: ruang rektor, wakil rektor dan ruang rapat

Lantai 8: ruang senat utama, ruang senat

Lantai 9: Masjid, loker.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com