Tampilan Desktop

UHO Masuk 50 Besar Perguruan Tinggi Paling Produktif
138 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI- Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra), kembali menorehkan prestasi. Kali ini kampus hijau tersebut berhasil mencatatkan diri sebagai 50 perguruan tinggi paling produktif dalam menghasilkan karya inovasi di Indonesia.

Menurut Scopus, UHO berada di peringkat ke-32 dengan jumlah publikasi sebanyak 133 jurnal per 7 Agustus 2015. UHO berada di bawah Universitas Sam Ratulangi Manado di peringkat 20 serta berada di atas Universitas Tadulako Palu dan Universitas Negeri Jakarta yang masing-masing berada di peringkat 36 dan 41.

Rektor UHO, Usman Rianse mengaku sangat bersyukur dengan peringkat yang diraih kampusnya itu.

Menurutnya, menjadi 32 kampus paling produktif diantara 4.000 kampus di dunia tidaklah mudah. Apalagi di tengah keterbatasan biaya penelitian yang tidak begitu besar dibandingkan dengan perguruan tinggi lainnya di Indonesia.

“Ini sesuatu yang luar biasa sekali. Tentu kita sangat bersyukur. Dan ini hanyalah sebuah permulaan, kita sudah  tidak bisa berhenti apalagi mundur,” kata Usman Rianse, Kamis (3/9/2015).

Dengan peringkat tersebut, lanjut dia,  menunjukkan bahwa sumber daya manusia di UHO juga memiliki kompetensi yang tidak kalah dibandingkan dengan perguruan tinggi lainnya di Indonesia.

Pada tahun 2016 Usman menargetkan UHO bisa masuk 20 besar perguruan tinggu paling produktif.

Scopus adalah sebuah pusat data terbesar di dunia yang mencakup puluhan juta literatur ilmiah yang terbit sejak puluhan tahun yang lalu sampai saat ini.

Fungsi utama Scopus adalah membuat indeks literatur ilmiah untuk memberikan informasi yang akurat mengenai metadata masing-masing artikel ilmiah secara individual, termasuk di dalamnya data publikasi, abstrak, referensi, dan lain-lain.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com