Tampilan Desktop


UHO Perkuat Sistem Pengelolaan Anggaran
91 Dibaca

UHO Perkuat Sistem Pengelolaan Anggaran

RAPAT KERJA UHO – Suasan rapat kerja tahunan UHO terkait sistem pengelolaan anggaran di Auditorium Mokodompit, Selasa (26/1/2016). Kegiatan ini dirangkaikan dengan kuliah umum yang disampaikan Itjen Kemenristek Dikti kepada seluruh staf birokrasi UHO. (Ilham Surahmin/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Inspektorat Jendaral (Itjen) Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi RI, Jamal Wiwoho memberikan kuliah umum terkait pengelolaan anggaran kepada civitas akademika Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) di Auditorium Mokodompit, Selasa (26/1/2016).

Jamal mengungkapkan bahwa dalam pengelolaan anggaran di lingkup universitas harus lebih transparan dan selalu dilakukan pengawasan, terutama yang berkaitan dengan pengadaan barang milik negara.

“Sebagai contoh pengadaan barang yang digunakan oleh rektor,” kata Jamal.

Lanjut dia, ketika masa jabatan rektor berakhir, maka barang yang digunakan sebagai fasilitas dari negara juga harus dikembalikan. Pasalnya, barang tersebut merupakan hak milik negara dan bukan dimiliki oleh individu.

Apabila tidak dikembalikan, kata dia, maka Kemristek Dikti akan memberikan sanksi berupa pencabutan izin dari universitas tersebut.

Selain itu, Jamal juga mengingatkan seluruh staf pengelola anggaran di UHO untuk melakukan pengawasan terhadap perjanjian kontrak dengan pihak luar mengenai kerjasama dalam bidang apapun.

Karena hal tersebut menyangkut pengadaan anggaran, kata dia, maka jika terjadi kesalahan berupa penggelumbungan dana, bukan hanya staf pengelola anggaran saja, bahkan rektor pun akan menjadi tersangka bila terbukti.

Sementara itu, Rektor UHO Usman Rianse menghimbau seluruh stafnya agar bekerja dengan hati-hati dan sesuai prosedur, terutama yang terkait dengan pengelolaan anggaran.

“Ya, kalau misal nanti terbukti ada kesalahan terjadi di UHO, saya harus siap untuk diperiksa,” kata dia.

Dia berharap dengan adanya kuliah umum tersebut, seluruh jajaran staf birokrasi UHO dapat meningakatkan kualitas dan kapabilitas mereka dalam bekerja.

Kuliah umum tersebut juga dirangkaikan dengan rapat kerja tahunan mengenai sistem pengelolaan anggaran di UHO.

 

Penulis: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com