Tampilan Desktop


Ulu Meraka Jadi Percontohan Kelompok Sadar Hukum
33 Dibaca

Ulu Meraka Jadi Percontohan Kelompok Sadar Hukum

SADAR HUKUM : Kapolres Konawe AKBP Jemy Junaedi (tengah), Camat Onembute Warni Saleho, Serta sejumlah Perwira Polisi linkup Polres Konawe, secara bersama-sama membunyikan kentongan sebagai tanda dimulainya program satu kentongan untuk satu rumah di Desa Ulu Meraka, Kecamatan Onembute, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra). Kamis (02/06/2016). (Restu/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Dalam rangka mengsukseskan program Keamanan,  Ketertiban Nasional (Kamtibnas) di wilayah hukum Kepolisian Resort (Polres) Konawe,  Sulawesi Tenggara (Sultra), Kapolres Konawe, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Jemi Junaedi mengukuhkan kelompok sadar hukum di Desa Ulu Meraka,  Kecamatan Onembute,  Kabupaten Konawe, Sultra.

Pengukuhan tersebut dilakukan setelah sebelumnya pihak Polres Konawe menyelenggarakan lomba kantibnas yang di ikuti sejumlah Kepolisian Sektor (Polsek) yang ada di Kabupaten Konawe dan Konawe Utara (Konut).

Selain mengukuhkan kelompok sadar hukum,  mantan Kapolsek Unaaha itu juga meresmikan Pos Keamanan Lingkungan (Kamling) di desa tersebut,  serta memulai program satu kentongan untuk satu rumah yang ditandai dengan membagikan kentongan kepada sejumlah warga dan secara bersama-sama membunyikannya.

Dalam sambutannya,  lelaki dengan dua melati itu mengapresiasi program satu kentongan dan adanya kelompok sadar hukum di wilayah tersebut, sebab menurutnya untuk di wilayah hukum Polres Konawe,  baru Kecamatan Onembute yang memiliki kelompok masyarakat sadar hukum dan taat kantibnas.

Kata dia,  keamanan  itu tercipta atas dasar kesadaran masyarakat yang dibantu dengan pihak-pihak terkait,  ketika masyarakatnya rukun maka lingkungan tersebut akan tercipta suasana yang aman dan kondusif.

“Masyarakat bisa menjadi polisi untuk dirinya sendiri,  dengan berpegang teguh pada aturan dan undang-undang negara ini.  Dengan adanya kelompok sadar hukum saya berharap keamanan di lingkungan ini bisa lebih tinggi lagi,” Kata Jemi dihadapan ratusan masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut.  Kamis (02/06/2016).

Kecamatan Onembute lanjutnya,  akan menjadi cikal bakal hidupnya Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling)  khususnya di wilayah hukum polres Konawe,  dengan membentuk kelompok sadar hukum dan kantibnas yang diharapkan dapat di ikuti oleh Polsek lain yang ada.

Sementara itu,  Camat Onembute,  Warni Saleho, mengatakan  Siskamling di beberapa desa di Kecamatan Onembute selama beberapa pekan ini dilakukan lagi,  dengan cara setiap Kepala Desa (Kades) membagi beberapa kelompok untuk melakukan patroli di wilayah masing-masing agar situasi yang aman dan kondusif tetap terjaga.

“Ini merupakan keberhasilan atas kerjasama yang baik antara pemerintah kecamatan dan Polsek Onembute,  yang didukung kesadaran masyarakat dalam mewujudkan ketertiban dan keamanan dilingkungan masyarakat setiap waktu,  dengan pengamanan swakarsa secara gotong royong,  siskamling merupakan salah satu komponen dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal keamanan,  sehingga tercipta suatu kondisi yang aman dan kondusif, ” kata Warni

Meskipun berbentuk seremonial,  kegiatan tersebut diharapkan menjadi momentum baik antara masyarakat,  Kepolisian,  dan TNI dalam menjaga ketertiban umum.  Selain itu kegiatan siskamling diyakink sanat tepat dilakukan jelan bulan suci ramadhan. (B)

 

Penulis: Restu Tebara
Editor: Tahir Ose

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com