Umar Arsal Gelar Baksos Pengobatan Gratis untuk Masyarakat Bajo Wakatobi

0
Rumah Aspirasi Umar Arsal
Umar Arsal

ZONASULTRA.COM, WANGI-WANGI – Rumah Aspirasi Umar Arsal, anggota komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) dari Partai Demokrat menggelar kegiatan Bakti Sosial (Baksos) pengobatan gratis khusus untuk masyarakat Bajo di kabupaten Wakatobi.

Pantauan ZONASULTRA.COM, sekitar 300 orang masyarakat Bajo memadati lokasi baksos pengotan gratis yang diselenggarkan di desa Sama Bahari, kecamatan Kahedupa, kabupaten Wakatobi, Kamis, (2/11/2017).

Rumah Aspirasi Umar Arsal
Umar Arsal

Juranti, salah seorang warga Bajo di desa itu berharap, baksos tersebut dapat menyembuhkan penyakit mata yang diderita ayahnya (La Hama) agar bisa kembali mencari ikan sebagaimana biasanya.

“Alhamdulillah Ayah saya setelah diberi kacamata baca tadi, penglihatannya agak membaik kalau lihat orang. Sebelumnya ayah saya kadang mengeluhkan matanya yang tiba-tiba perih kalau terlalu lama membuka mata. Meski begitu dia juga masih tetap bersikeras untuk pergi melaut, karena kalau tidak, kami tidak bisa makan,”kata Junarti.

Baca Juga : Reses di Pulau Binongko, Umar Arsal Janjikan Berbagai Program Bantuan

Keinginannya untuk menyembuhkan penyakit ayahnya sangat kuat. kata dia, jika saja mereka (keluarga Junarti) memiliki kecukupan uang, dia ingin mengobati ayahnya ke rumah sakit yang lebih baik.

Sayangnya, selain tak punya punya untuk berobat, ternyata ayah Junarti dan adik-adikya juga belum memiliki kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Padahal, layanan itu merupakan program kesehatan gratis yang disediakan oleh pemerintah daerah setempat.

Umar Arsal yang hadir dalam kegiatan baksos itu mengatakan, selain untuk pelayanan kesehatan, kehadirannya di kabupaten Wakatobi juga bertujuan untuk menyerap aspirasi serta masukan dari masyarakat setempat.

“Kebetulan saya sekarang di komisi IV yang membidangi pertanian, kelautan dan perikanan, peternakan serta kehutanan. Jadi saya ke sini juga ada beberapa permintaan dari desa untuk kelompok nelayan yang membutuhkan kapal tangkap, alat tangkap ikan, termasuk freezer pendingin ikan yang kapasitasnya 1,5 hingga 2 ton ikan,” terangnya.

Baca Juga : Anggota DPR RI, Umar Arsal Buka Pelayanan Kesehatan Gratis di Wakatobi

Bukan hanya itu saja, kata dia, masyarakat Desa Sama Bahari yang membudidaya keramba juga meminta agar dibantu bibit ikan.

“Insya Allah akan saya perjuangkan untuk tahun 2018, semua masukan dari masyarakat maupun pemerintahnya,” katanya. (B)

 

Reporter : Nova Ely Surya
Editor : Abdul Saban

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here