Tampilan Desktop


Umar Samiun Klaim Mayoritas DPD Masih Inginkan Nur Alam Nakhodai PAN
196 Dibaca

ZONASULTRA.COM, PASARWAJO– Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nsional (PAN) Kabupaten Buton, Samsu Umar Abdul Samiun menyatakan mayoritas pengurus DPD masih menginginkan Nur Alam untuk kembali menakhodai partai berlambang matahari terbit tersebut.

Umar Samiun Klaim Mayoritas DPD Masih Inginkan Nur Alam Nakhodai PAN

Samsu Umar Abdul Samiun

Ditemui Selasa (12/1/2016), Umar Samiun mengatakan pelaksanaan Musyawarah Wilayah (Muswil) akan dilaksanakan dalam waktu dekat, dan melihat perkembangan saat ini sangat bisa dipastikan Ketua DPD se Sultra masih mengharapkan Nur Alam menahkodai PAN Sultra.

“Aturan dan mekanisme saat ini dalam pelaksanaan Muawil di PAN tidak lagi menggunakan sistem satu orang satu suara (One Man One Vote), tetapi Muswil akan memilih formatur yang nantinya juga didalam ada keterwakilan DPP PAN, 99,99 persen. Kami tetap mengharapkan pak gubernur tetap menjadi ketua DPW,” kata Umar Samiun.

Dalam proses pemilihan formatur nantinya ketua DPD akan mengusung nama-nama formatur sebanyak empat orang dan akan dibawah ke DPP untuk ditetapkan. Empat formatur yang terpilih ditambah satu keterwakilan DPP yang fungsinya penyeimbang. Nantinya formatur yang akan memilih calon ketua DPW PAN Sultra lima tahun kedepan.

Namun dalam menentukan figur calon ketua DPW, tim formatur tetap mempertimbangkan masukan dan usulan dari DPD PAN se Sultra. Umar Samiun yang juga sebagai Bupati Buton ini berharap bisa masuk dalam tim fornatur nanti.

Jika nantinya mayoritas pengurus DPD masih menginginkan Nur Alam sebagai ketua DPW, maka langkah walikota Kendari Asrun untuk mengantikan posisi gubernur dua periode itu terbilang berat. Namun jika melihat peta politik pasca Kongres PAN di Bali, DPD PAN Sultra sebenarnya sudah tidak solid lagi. Sejumlah DPD tidak mengikuti arah politik Nur Alam.

Puncaknya, pada pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah (Pilkada) seretak 2015, tiga DPD terang-terangan melakukan perlawanan dan melawan kebijakan Nur Alam. Ketiga ketua DPD tersebut adalah Raup, ketua DPD PAN Konut, Djainal, Ketua DPD PAN Konawe Selatan (Konsel) dan Farida Harianti, Ketua DPD PAN Kolaka Timur (Koltim).

 

Penulis : Mulyadi
Editor : Rustam

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com